Beranda News Pemilu 2019 Caleg DPRD Lampung Dapil Lampung Tengah yang Berpeluang Meraih Kursi di Pemilu...

Caleg DPRD Lampung Dapil Lampung Tengah yang Berpeluang Meraih Kursi di Pemilu 2019

3646
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Kabupaten Lampung Tengah termasuk daerah lumbung suara di Lampungg. Pada Pemilu 2019, dari total 6.101.544 pemilih yang masuk daftar pemilih tetap, sebanyak 951.018 adalah pemilih di Lampung Tengah. Jumlah itu merupakan tertinggi di Lampung. Perbandingannya: Kota Bandarlampung yang selama ini dikenal sebagai ibukota Provinsi Lampung jumlah pemilihnya 646.245, Kabupaten Lampung Selatan yang wilayahnya mulai Pelabuhan Bakauheni hingga mengitari Lampung (sampai Jati Agung, Natar, dll) jumlah pemilihnya 764.861.

Dengan jumlah pemilih terbesar dibanding kabupaten/kota di Lampung lainnya, wajarlah jika kursi yang diperedebutkan di wilayah ini untuk DPRD Lampung juga terbesar (12 kursi). Pertarungan antarparpol dan antarcaleg pun sangat ketat dan keras.

Dalam Pemilu 2019, Lampung Tengah masuk dalam daerah pemilihan Lampung 7. Pada Pemilu 2014 lalu, PDIP, Gerindra, dan Golkar  bersaing dalam perolehan suara. Ketiga parpol itu pada Pemilu 2014 menempatkan  masing-masing 2 wakilnya menjadi anggota DPRD Lampung.

BACA: Pemilu 2014: Inilah Perolehan Kursi Partai untuk DPRD Lampung di Dapil Lampung Tengah

Pada Pemilu 2019, berdasarkan data quick count Rakata Institute, di dapil Lampung 7 (Lampung Tengah), ketiga parpol itu kembali bersaing ketat. PDIP kembali unggul di Lampung Tengah. Menurut quick count Rakata Institute, PDIP unggul dengan perolehan suara 18, 48 persen, sedangkan Golkar meraup 15,46 persen.

Menyusul di belakangnya adalah Gerindra (12,19 persen), PKB (12,70 persen), Nasdem (11,11 persen), PKS (7,29 persen), Demokrat (7,10 persen), PAN (6,66 persen).

Selengkapnya ada di tabel di bawah ini:

Gambaran perolehan suara parpol di atas menunjukkan bahwa posisi Gerindra digeser oleh Partai Golkar. Meskipun begitu, Gerindra juga berpeluang kembali menempatkan 2 wakilnya di DPRD Lampung seperti PDIP dan Golkar. Yang mengejutkan, PKB juga berpeluang meraih 3 kursi.

Meskipun PDIP terbanyak meraup suara, tetapi caleg yang diperkirakan memperoleh suara terbanyak adalah dari Golkar (Musa Ahmad), yaitu sebanyak 4,65 persen. Disusul kemudian oleh Abdullah Surya (PAN) dan Ikhwan Fadil Ibrahim (Gerindra).

Selengkapnya seperti tabel berikut ini:
Ketika dihitung dengan metode Sainte Lague, maka caleg DPRD Lampung dapil Lampung Tengah yang berpeluang mendapatkan kursi adalah:

  1. Ni Ketut Dewi Nadi (PDIP)
  2. Musa Ahmad (Golkar)
  3. Ikhwan Fadil Ibrahim (Gerindra)
  4. Laili Masitoh (PKB)
  5. Lasno Hamid (Nasdem)
  6. Ahmad Mufti Salim (PKS)
  7. Midi Iswanto (Demokrat)
  8. Abdullah Surya Jaya (PAN)
  9. Mingrum Gumay (PDIP)
  10. I Made Bagiasa (Golkar)
  11. I Made Surajaya (Gerindra)
  12. Jauharoh (PKB)

Semua perkiraan tersebut barulah versi hitung cepat lembaga survei. Kepastian perolehan suara dan kursi parpol dan caleg masih harus menunggu penghitungan yang dilakukan KPU.

Loading...