Beranda News Pemilu 2019 Caleg DPRD Lampung Dapil Lamsel yang Berpeluang Meraih Kursi di Pemilu 2019

Caleg DPRD Lampung Dapil Lamsel yang Berpeluang Meraih Kursi di Pemilu 2019

4448
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Rakata Institute bersama UIN Raden Intan, ALSHCI, dan lembaga survei Quadran merilis hasil hitung cepat perolehan suara Pemilu 2019 di Lampung, Rabu-Kamis dini hari (17-18/4/2019). Perhitungan cepat itu dengan data C1 di 746 TPS.

Berdasarkan data quick count Rakata Institute, di dapil Lampung 2 (Lampung Selatan untuk caleg DPRD Lampung, PDIP unggul dengan perolehan suara 21,61 persen. Menyusul di belakangnya adalah PKS (12,53 persen), Golkar (10,77 persen), PKB (8,93 persen), Nasdem (8,66 persen), PAN (8,54 persen), Demokrat (8,44 persen), Perindo (3,35 persen), Berkarya (2,24 persen), Hanura (1,21 persen), PPP (1,11 persen), Garuda (0,79 persen), PSI (0,79 persen), PBB (0,75 persen), dan PKPI (0,06 persen).

Perkiraan perolehan suara tersebut menggambarkan adanya persaingan ketat di antara parpol-parpol lama: PKB, Nasdem, PAN, dan Demokrat). Selain itu, ada partai lama yang perolehan suaranya kurang memuaskan (di bawah 2 persen), yaitu PPP, PBB, dan PKPI.

Dengan perolehan suara sepeti di atas, maka hanya beberapa partai saja yang calegnya mendapatkan kursi di DPRD Lampung. Selain perolehan suara PDIP yang mendominasi, perolehan suara PKS juga layak mendapatkan atensi tersendiri. Sebab, PKS bisa mengalahkan partai paling senior seperti Partai Golkar.

Kalau dicek lebih jauh sosok caleg yang bertarung di dapil ini dan menyumbang suara terbesar, maka publik akan tahu bahwa caleg tersebut bukan berasal dari PDIP atau Golkar. Caleg yang menurut quick count menyumbang suara terbesar adalah Antoni Imam dari PKS (5,03 persen). Posisi kedua ditempati Tony Eka Candra (Golkar) dengan 3,99 persen, disusul Fahrorrozi (Gerindra) 3,58 persen), dan Lesty Putri Utami dari PDIP (3,50 persen).

Ada 10 kursi DPRD Lampung yang diperiebutkan di dapil Lampung 2 (wilayah Lampung Selatan). Dengan gambaran perolehan suara seperti itu, jika dihitung dengan metode Sainte Lague, maka PDIP berpeluang meraih 3 kursi, sementara PKS meraih2 kursi. Sedangkan Golkar, PKB, Demokrat, Gerindra, PAN, Nasdem, dan PPP masing-masing 1 kursi.

Caleg yang berpeluang mendapatkan kursi di dapil ini adalah Lesty Utami Putri (PDIP), Antoni Imam (PKS),  Tony Eka Candra (Golkar), Fahrorrozi (Gerindra), Nur Hidayah (PKB), Zamzani Yasin (Nasdem), Ahmad Fitoni (PAN), Raden Ismail (Demokrat), Syahlan Syukur (PDIP), dan Abdullah Sani (PDIP).

Hitung-hitungan ini baru perkiraan berdasarkan hitung cepat. Hasil akhir perolehan suara parpol dan caleg masih harus menunggu KPU menuntaskan tugasnya menghitung suara.

Loading...