Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Caleg PAN Tuding Ada Rekayasa Perolehan Suara

Caleg PAN Tuding Ada Rekayasa Perolehan Suara

198
BERBAGI

Mas Bowo/Teraslampung.com

Lampung Tengah—Pemilu legislatif yang digelar Rabu (9/4) lalu menyiskaan ketidakpuasan sejumlah calon legislatif (caleg). Beberapa caleg menuding terjadi rekayasa perolehan suara di TPS. Salah seorang di antarnya adalah  caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk DPRD Provinsi dari Lampung Tengah.

Abdullah Surajaya yang juga Ketua PAN Lampung Tengah mengatakan, dia mendapat laporan dari para saksi yang disebar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bahwa terjadi kecurangan yang dilakukan penyelenggara Pemilu.

Menurut Abdullah, kecurangan yang dilakukan adalah lembar C1 yang hanya fotokopian. Padahal, katanya lagi, l lembar tersebut harusnya salinan. Selain itu, warga yang seharusnya mencoblos di TPS, malah mencoblos di TPS lain.

“Alasannya, TPS yang seharusnya untuk mencoblos kehabisan surat suara. Ini, terjadi di TPS Terusannunyai,” jelasnya, Minggu (13/4) sore.

Selanjutnya,suara partai di TPS hilang. Padahal, saksi PAN telah melaporkan jumlah perolehan suara. Namun, di lembaran C1 tidak sesuai dengan perolehan yang ditulis saksi PAN.

“Karena itu, saya menduga, ada komunikasi antarparpol, yang sengaja akan mendzalimi suara PAN,” katanya.’

Tidak terima hasil perolehan suara tersebut, pihaknya akan melaporkan semua ini kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat. “Ya, kami tidak terima, karena itu akan kami laporkan kecurangan ini ke panwas,” tegasnya.

Dia juga meminta KPU Lampung Tengah untuk menunda pleno. “Pemilu di Lampung Tengah penuh kecurangan,” tandasnya.

Pihaknya juga mengancam akan melakukan unjuk rasa jika tuntutannya tidak diindahkan oleh Panwaslu. “Sebenarnya, saya legowo jika memang PAN kalah, namun saya tidak bisa menerima jika dikalahkan dengan kecurangan.”

Sementara itu, Panwaslu Lampung Tengah belum memberikan jawaban. Ketika akan dikonfirmasi, Ketua Panwas Siti Khotijah tidak ada di kantor. Dihubungi via telepon sekitar pukul 19:02 nomornya selalu sibuk.(Editor: Isbedy Stiawan ZS)

Loading...