Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Calon Jamaah Lampura Diberangkatkan pada Pekan Depan

Calon Jamaah Lampura Diberangkatkan pada Pekan Depan

15
BERBAGI
Calon jamaaah haji asal Indonesia siap berangkat. (Ilustrasi/tempo.co)

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Keberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Lampung Utara menuju tanah suci Mekkah, Arab Saudi‎, diperkirakan akan dilakukan pada pekan depan. Total ada sekitar 374 JCH yang siap menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

“Tahun ini, total JCH kita berjumlah 374 orang. Mereka akan diberangkatkan pada Selasa pekan depan,” kata Kasie Haji dan Umroh Kementerian Agama Lampung Utara, Herman Ali, di kantornya, Kamis (18/8/2016).

Sejatinya, menurut Herman, jumlah JCH Lampung Utara tahun ini mencapai 388 orang. Namun, dalam perjalanannya, jumlah tersebut menjadi berkurang karena berbagai alasan. Adapun alasan yang membuat JCH berkurang di antaranya meninggal dunia, sakit, dan mutasi ke daerah lain,

“Yang ninggal ada 2 orang, yang sakit‎ 3 orang. Lalu, yang mutasi ke daerah lain seperti Jakarta dan Bandar Lampung berjumlah 3 orang. Ditambah dengan cadangan sebesar 5 persen berjumlah 6 orang,” urainya.

‎Menurut Herman, JCH Lampung Utara akan tergabung dalam dua kloter yakni kloter 23 dan kloter 40. JCH Lampung Utara yang tergabung dalam kloter 23 berjumlah 372 JCH dan JCH Lampung Utara yang tergabung dalam kloter 40 hanya dua orang. Pembagian dua kloter ini dikarenakan dua JCH yang tergabung dalam kloter 40 masih menunggu proses mereka yang belum kelar.

“Kalau visa mereka ke luar sebelum waktu keberangkatan, mereka akan digabungkan ke dalam kloter 23,” tuturnya.

Ia menambahkan, JCH Lampung Utara tahun ini didominasi oleh kaum perempuan yang jumlahnya mencapai 196 orang. Sedangkan JCH laki – laki jumlahnya hanya 178 orang. Sementara, untuk usia JCH termuda tahun ini berusia 27 tahun atas nama Nurul Fitria Abdurahmann warga Jalan Mangga Besar, Kotabumi.

‎”Untuk JCH tertua atas nama Muslimin MGT dengan usia 86 tahun,” terang dia.