Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Calon Peserta UN Perbaikan di Lampura Diimbau Segera Daftarkan Diri

Calon Peserta UN Perbaikan di Lampura Diimbau Segera Daftarkan Diri

385
BERBAGI
Ujian Nasional SMA (ilustrasi)

‎Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pendidikan Lampung Utara mengimbau kepada calon peserta Ujian Nasional Perbaikan (UNP) tahun 2016 untuk segera mendaftarkan diri pada laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) paling lambat pada 16 Juli mendatang.

“Bagi para alumni SMA/ sederajat tahun 2015/2016 yang ingin mengikuti UNP‎ dapat segera mendaftarkan diri secara mandiri di situs Kemendikbud dengan alamat unp.kemdikbud.go.id,” kata Kepala Seksi Kurikulum dan Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK), Yudhi Bachtiar, melalui pesan BlackBerry-nya, Kamis (2/6).

Menurut Yudhi, UNP ini sengaja diperuntukkan bagi para siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang ingin memperbaiki nilai UN-nya yang di bawah 55 ‎atau yang belum maupun sudah mengikuti UN baik secara keseluruhan atau hanya sebagian. Pendaftaran ini sendiri telah dibuka sejak 1 Juni dan akan ditutup pada tanggal 16 Juli mendatang.

“UNP ini merupakan kesempatan untuk para alumni SMA/sederajat untuk memperbaiki nilai UN-nya. Salah satu syarat mengikuti UNP ini ialah punya nomor peserta UN seperti yang tercantum dalam kartu peserta UN 2015 dan 2016,” tuturnya.

Setelah tanggal 16 Juli mendatang, kata Yudhi lagi, para calon peserta UNP akan diminta untuk melakukan daftar ulang pada sejumlah sekolah pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Lampung Utara pada tanggal 16 – 19 Agustus mendatang. Pasalnya, UNP ini akan menggunakan sistem UNBK. Sekolah – sekolah pelaksana UNBK itu yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMKN 1, SMK Nusantara, SMK YP 96 Bukit Kemuning

“UNP ini akan berlangsung dari tanggal 29 Agustus – 9 September 2016. Sementara pengumuman hasil UNP akan dilakukan pada tanggal 17 September 201‎6,” papar dia.

‎Sementara mengenai jenis soal yang akan diujikan pada UNP tersebut, terangnya, masih tetap mengacu pada kisi – kisi UN 2015/2016. Setelah mengikuti UNP, para peserta akan mendapat sertifikat hasil UN Pendidikan (SHUNP). SHUNP ini berisikan nilai mata ujian yang ditempuh para peserta dalam UNP tersebut.

“Nantinya, SHUNP ini akan ditandatangani oleh Ketua Pelaksana UNP yang ditetapkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” urai dia.