Beranda News Wisata Candi Borobudur, Keindahan yang Recomended untuk Liburan

Candi Borobudur, Keindahan yang Recomended untuk Liburan

5220
BERBAGI
Candi Borobudur (jurnalistravel.com/Febriyanti)

TERASLAMPUNG.COM — Candi Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia yang namanya sudah terdengar di seluruh dunia. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata saja, Candi Borobudur juga digunakan sebagai tempat peribadatan. Kamu bisa melihat suasana religius yang kental apabila mendatangi tempat ini pada saat upacara Waisak berlangsung.

Candi Buddha terbesar di dunia ini pernah tertulis dalam sejarah pulau jawa yang pernah ditulis oleh Sir Thomas Raffles yang mempunyai arti candi yang berada di atas bukit. Sempat masuk dalam 7 keajaiban dunia yang konon katanya pembangunannya memakan waktu kurang lebih 100 tahun.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur (wikipedia.org)

Menariknya, sejarah Candi Borobudur ini masih menjadi misteri yang belum terkuak. Banyak sumber dan versi yang mengatakan siapa saja pendirinya, namun beberapa cerita mengatakan hal yang berbeda-beda. Hanya saja, banyak sejarah singkat Candi Borobudur yang menyatakan bahwa objek wisata ini merupakan peninggalan kejayaan Dinasti Syailendra.

Di bangun pada tahun 825 masehi yang mempunyai 10 tingkat dengan 10 filosofi yang merupakan lambang dari proses hidup manusia. Bahan bangunannya berupa batuan andesit yang dibentuk seperti sebuah piramida.

Fasilitas yang Tersedia

Tidak hanya disuguhkan dengan candi yang menawan saja, kamu juga bisa menjumpai beberapa fasilitas menarik seperti:
1. Adanya Museum Karmawibhangga
2. Hadirnya Museum Kapal Samudra
3. Tersedianya Visitor Center
4. Tersedia beberapa macam arena permainan untuk anak-anak
5. Fasilitas Baru Balon Udara yang merupakan fasilitas terbaru

Jam Buka dan Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Jam buka Candi Borobudur pada pukul 6 pagi dan akan tutup pukul 5 sore untuk tiket reguler. Bagi kamu yang ingin menikmati pesona sunrise, kamu bisa datang pada pukul 4 pagi. Untuk proses sunsetnya bisa sampai pukul 18.30.

Selain itu, masih ada berbagai aktivitas yang bisa kamu nikmati, yaitu:
1. Menunggangi Gajah
2. Naik Kereta Kelinci
3. Bersepeda ke sepanjang candi atau dengan sepeda ini kamu bisa mengunjungi Candi Mendut dan Candi Pawon
4. Mengunjungi desa pembuat gerabah serta joglo kuno

Lokasi dan Rute Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang dan masih dalam kawasan Jawa Tengah. Menuju ke objek wisata ini bisa menggunakan transportasi umum dan kendaraan pribadi.

Kamu bisa mengunjunginya mulai dari terminal Soekarno-Hatta Magelang yang berjarak 16,5 kilometer atau bisa kamu tempuh dengan waktu 26 menit. Ambil jalan Semarang – Yogyakarta kemudian, masuk ke jalan Badrawati, setelah berjalan 1 kilometer kamu akan tiba di tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk

Bagi kamu yang ingin membeli tiket Candi Borobudur ini bisa kamu dapatkan dengan membeli langsung di loket maupun di aplikasi online. Nah, berikut ini adalah daftar harga tiket normal yang berlaku saat ini untuk kamu bayarkan saat berkunjung ke tempat ini:

Tiket Masuk Candi Borobudur
Tiket Umum Rp 20.000.-
Tiket Pelajar Rp 40.000,-
Tiket Terusan Sunrise Rp 325.000,-
Tiket Terusan Candi Borobudur – Sendratari Ramayana kelas II Rp 150.000,-
Tiket Terusan Candi Borobudur – Candi Prambanan Rp 75.000,-
Parkir Mobil Rp 10.000,-
Parkir Motor Rp 5.000,-

Candi Borobudur adalah jejak sejarah yang tidak akan terlupakan. Peninggalan sejarah ini tidak lekang oleh waktu karena menyimpan sejarah panjang akan kejayaan kerajaan di masa lalu. Oleh karena itu, kamu wajib mengunjunginya walau hanya satu kali seumur hidup dan menyaksikan kemegahan bangunan ini.

Loading...