Beranda Pendidikan Cara Unik Taman Baca Pancawarna Bandarlampung Merayakan Hari Anak Nasional

Cara Unik Taman Baca Pancawarna Bandarlampung Merayakan Hari Anak Nasional

704
BERBAGI
Roki ikut lomba menghafal surat pendek (Quran) pada perigatan Hari Anak Nasional di Gang Suka Mulya, Kedamaian, Bandarlampung.

TERASLAMPUNG.COM — Taman Baca Pancawarna di Jalan Pangeran Antasari, Gang Mulya Jaya, Kelurahan Kedamaian, Bandarlampung, punya cara unik merayakan Peringatan Hari Anak Nasional 2017. Secara swadaya, taman bacaan yang terletak persis di sudut gang itu menggelar aneka lomba yang melibatkan puluhan anak.

Mereka diajak bergembira bersama merayakan Hari Anak Nasional dengan ikut lomba ketangkasan bersepeda, lomba menghafal surat (Al Quran) pendek, lomba menulis/mengarang, lomba pidato tentang Hari Anak Nasional, dan diakhiri dengan menonton film anak-anak.

Pada Minggu siang, 23 Juli 2017, sejak pukul 14.00 anak-anak berkumpul di Taman Baca Pancawarna. Sebelum acara dimulai, pengelola Taman Baca Pancawana, Daniel H. Ghanie, menjelaskan tentang lomba yang akan digelar. Termasuk tata cara dan hadiah yang akan didapatkan para pemenang.

Anak peserta lomba pidato sedang unjuk kebolehan.

“Yang menang nanti akan dapat hadiah uang dan peralatan sekolah,” kata Daniel.

Anak-anak pun bertepuk tangan.

“Nanti kalau pas waktunya shalat Ashar dan Magrib kita berhenti dulu ya. Habis shalat lomba kita lanjutkan,” kata Daniel.

Satu per satu lomba pun dimulai. Yang paling menarik minat anak-anak dan warga sekitar menonton adalah lomba ketangkasan bersepeda.

Anak-anak peserya lomba ketangkasan bersepeda.

Hingga menjelang magrib, lomba ketangkasan bersepeda, lomba pidato, dan lomba mengarang selesai digelar. Selepas Isya, dilanjutkan dengan lomba membaca surat pendek (Quran).

Panitia menyediakan pengeras suara sehingga sehingga lantunan bacaam surat pendek terdengar jauh hingga ke batas gang lain.

Pada pukul 22.00 lomba pun selesai. Lalu dilanjutkan dengan menonton bareng film anak.

Daniel mengaku senang bisa menggelar perigatan Hari Anak Nasional secara sederhana yang melibatkan seluruh anak di lingkungan RT.

“Kami senang, anak-anak pun senang karena bisa bergembira bersama sembari ikut lomba dan berharap dapat hadiah,” katanya.

Heri Suherman, Ketua RY 09 Kelurahan Kedamaian, juga senang bisa membuat anak-anak bergembira bersama pada Hari Anak Nasional.

Nonton film bareng seusai perlombaan.

“Semoga acara sederhana ini bisa bermakna bagi seluruh anak Indonesia,” katanya.

Tentang banyaknya anak-anak yang terlibat dalam peringatan Hari Anak Nasional, Daniel mengaku karena selama ini Taman Baca Pancawarna sudah akrab dengan mereka.

Menurut Daniel, para peserta lomba dan yang ikut merayakan Hari Anak Nasional adalah anggota atau pelanggan Taman Baca Panawarna. Mereka terdiri atas 60 anak dari TPA Assyifa, 54 anak-anak  SD SMP SMA  Panti Asuhan Al Hidayah, serta 89 anak-anak SD  di tiga RT di sekitar markas Taman Baca Warna.