Cegah DBD, Warga Kota Metro Diimbau Lakukan 3 M

  • Bagikan
Ilustrrasi

TERASLAMPUNG.COM — Dinas Kesehatan Kota Metro melakukan pengasapan (fogging) menyusul merebaknya penyakit demam berdarah dengue di Metro. Dinas Kesehatan Metro meminta warga waspada terhadap penyakit yang disebabkan nyamuk Aides Aegypti tersebut.

“Kami sudah menurunkan petugas untuk melakukan pengasapan di beberapa lokasi agar penyebaran penyakit DBD segera bisa dicegah,” kata Kadis Kesehatan Metro, Mariyati, Selasa (13/12/2016).

Menurut Mariyati, selain pengasapan, hal penting lainnya agar penyakit  DBD tidak menyebar adalah dengan melakukan 3 M. Yakni, menguras, menutu, dan mengubur.

Menguras artinya air tergenang/kolam/bak mandi yang berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk harus dikuras. Menutup berarti bak mandi/kolam yang berpotensi sebagai tempat nyamuk bertelur harus ditutup. Sebab, nyamuk penyebar penyakit DBD senang air bersih yang menggenang.

Mengubur atau menimbun artinya semua wadah bekas yang berisi air harus dikubur agar nyamuk tidak bersarang.

“Pengasapan tidak dilakukan jika tidak ada indikasi DBD. Sebabm jika itu dilakukan secara rutin nantinya nyamuknya justru makin imun,” katanya.

 

  • Bagikan