Beranda News Pelayanan Publik Cegah Virus Corona, Penumpang Kapal Eksekutif di Pelabuhan Bakauheni Diperiksa dengan Thermo...

Cegah Virus Corona, Penumpang Kapal Eksekutif di Pelabuhan Bakauheni Diperiksa dengan Thermo Gun

703
BERBAGI
Penumpang kapal di terminal eksekutif Pelabuhan Bakauheni, saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas menggunakan alat Thermo Gun yang berbentuk seperti pistol untuk pendeteksi dini kondisi suhu tubuh. (Foto: Ist)
Penumpang kapal di terminal eksekutif Pelabuhan Bakauheni, saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas menggunakan alat Thermo Gun yang berbentuk seperti pistol untuk pendeteksi dini kondisi suhu tubuh. (Foto: Ist)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BAKAUHENI — Untuk mencegah merebaknya virus corona atau Covid-19, penumpang kapal yang hendak melakukan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni-Merak melalui terminal eksekutif diperiksa dengan termometer berbentuk pistol atau thermo gun.

Thermo gun yang berbentuk seperti pistol tersebut, sama dengan thermal scanner yang digunakan untuk pendeteksi dini kondisi suhu tubuh manusia. Bedanya, thermo gun penggunaannya lebih praktis karena proses pemindaian suku tubuh tidak perlu dengan menyentuh objek yang akan dipindai.

Pengecekan terhadap penumpang kapal dilakukan oleh petugas PT ASDP cabang Bakauheni dengan mengarahkan thermo gun ke bagian dahi calon penumpang. Pengguna thermo gun berdiri sedekat mungkin dengan objek, maka sensor infrared akan mendeteksi kondisi suhu tubuh penumpang yang akan terbaca pada alat thermo gun tersebut.

“Pemeriksaan suhu tubuh penumpang menggunakan alat thermo gun sudah dilakukan di terminal eksekutif. Pemeriksaan itu, sudah dilakukan sejak lima hari lalu,”kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap,  kepada teraslampungcom, Senin (9/3/2020).

Untuk sementara ini, kata Saiful, pemindai suhu tubuh penumpang tersebut baru dilakukan terhadap penumpang kapal khususnya di terminal eksekutif. Penumpang kapal reguler belum dipindai karena alatnya belum tersedia.

“Ada dua alat Thermo Gun yang disiapkan di terminal eksekutif Pelabuhan Bakauheni,”ungkapnya.

Saiful mengutarakan, PT ASDP selaku pengelola pelayanan penyeberangan Pelabuhan Bakauheni-Merak berencana menambah alat thermo gun. Hal tersebut dilakukan, untuk melengkapi pemeriksaan penumpang pada penyeberangan di dermaga regular yang saat ini belum ada.

“Rencananya, kami akan membeli alat thermo gun untuk di dermaga reguler, sehingga penumpang kapal baik di dermaga eksekutif maupun regular bisa diperiksa juga,”terangnya.

Saiful mengaku thermal scanner hingga saat ini belum dapat dioperasikan karena alat tersebut masih perlu di reset ulang lagi oleh teknisinya.

“Kami masih menunggu teknisi yang dari Jakarta datang untuk direset kembali,” katanya.

Loading...