Beranda Pendidikan Cerita tentang Anak-Anak Kampung Pentas Seni di Taman Mini

Cerita tentang Anak-Anak Kampung Pentas Seni di Taman Mini

2035
BERBAGI
Para siswa SDN 1 Triharjo dan Merbau Mataram, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan pentas di TMII.

LAMPUNNG SELATAN, Teraslampung,com – Hari beranjak malam pada 3 Mei 2012. Budi membolak-balik tubuhnya  di tempat tidur.Kelihannya dia gelisah. Sang ibu yang memeperhatikan gerak– gerik anak sulungnya itu lalu penasaran dan menegurnya,

“Kenapa Nak? Kok gelisah bobonya?  Tidak seperti biasanya, masih masih sore begini sudah mau tidur?” kata sang ibu dengan lembut.

Budi memang  tidak biasa jam 19.00 sudah berada di tempat tidur, biasany dia mulai ada diperaduan sekitar pukul 21.00 setelah belajar dan nonton serial sinetron kesukaannya. Namun, hari ini agak mengherankan jam 19.00 sudah berada ditempat tidur.

Dengan malas-malasan Budi menjawab,”Bu, aku ingin cepat siang…”

Dengan senyum ibunya memaklumi anak laki–lakinya kepengen cepat–cepat siang. Sebab, besok dia bersama teman – temannya akan menuju Jakarta, diundang oleh PT Astra Tbk untuk memeriahkan hari ulang tahunnya yang ke-55 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pagi-pagi, setelah sarapan Budi langsung menuju sekolahnya di SDN 1 Triharjo, Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan. Ia  menggabungkan dirinya dengan teman – teman lainnya yang akan berangkat ke Jakarta.

Budi, anak seorang petani penggarap sawah itu, tentu senang hatinya karena akan jalan-jalan ke Jakarta. Selama ini ke Bandarlampung, ibu kota Provinsi Lampung yang jaraknya hanya sekitar 15 km dari tempat tinggalnya saja dia belum pernah.

Pagi itu sebanyak 30 anak – anak sekolah dasar dari SDN 1 Triharjo serta SDN 1, 2, 3 dan 4 Merbau Mataram, Lampung Selatan berangkat ke Jakarta menggunakan bus. Sepanjang perjalanan wajah – wajah riang itu tertawa lepas membayangkan akan naik kapal ferry dan akan melihat Monas dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sekitar pukul 18.00 rombongan anak – anak SD dari Lampung tiba di TMII. Mereka langsung disambut oleh panitia HUT Astra dan langsung  dipersilakan untuk beristirahat di anjungan Lampung.

Karena kelelahan dalam perjalanan anak–anak tidak lama langsung tertidur pulas. Keesokannya mereka bangun dan sudah disiapkan sarapan pagi, mereka nampak senang menikmati sarapan pagi berupa roti dan minum susu.

Penari dan pemain musik semuanya anak SD gabungan yang sekolahnya diberi bantuan oleh PT. Astra.

Menurut keterangan, Bagus S. Pribadi,  koodinator pelatih seni,
anak–anak itu berlatih belum terlalu lama tetapi sudah mampu tampil di tempat yang luar biasa seperti di TMII.

“Penampilan mereka mengejutkan dan membanggakan. Kami tidak menyangka mereka akan cepat belajar dan mampu tampil bagus,” kata dia.

Sehabis tampil di panggung anak–anak dipersilakan menikmati semua wahana yang ada di TMII. Anak-anak itu tampak ceria menikmati pengalaman yang baru pertama mereka dapatkan. Pada 4 Mei hingga 6 Mei 2012 mereka menikmati keindahan TMII.

Ulang tahun yang ke 55 PT. Astra Tbk mengambil thema berbagi bersama, oleh sebab itu perusahaan yang dikenal sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) kendaraan ternama itu mengundang anak – anak sekolah yang dibinanya melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA MDR)
seperti di Lampung Selatan, Bogor, dan Yogyakarta.

Pada pukul 10.00 anak Lampung dipersilakan menaiki panggung untuk mementaskan sebuah tari. Hari itu anak–anak dari SD yang ada di Kecamatan Merbau Mataram menampilkan tari bedana. Para penonton sebagian karyawan PT.Astra Tbk dan undangan memberikan tepuk tangan meriah atas penampilan mereka.

Dandy Ibrahim


Sumber: wartadidaktika.com

Loading...