Beranda Pendidikan Bupati Chusnunia Berikan Hadiah Sepeda Baru untuk Pejuang Literasi Cilik “BMX Pustaka”

Bupati Chusnunia Berikan Hadiah Sepeda Baru untuk Pejuang Literasi Cilik “BMX Pustaka”

538
BERBAGI
Camat Gunung Pelindung, Lampung Timur, Hendri Gunawan saat menyerahkan hadiah sepeda BMX baru dari Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim kepada Dony pejuang literasi cilik "BMX Pustaka".

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim berikan hadiah sepeda baru kepada pejuang literasi cilik dengan sebutan “BMX Pustaka”, Khoirul Alfin Romadhony alias Dony (8). Hadiah tersebut diberikan, berkat Dony menularkan serta menumbuhkan minat baca terhadap anak-anak dilingkungannya di Desa Negeri Agung, Kecamatan Gunung Pelindung, Lampung Timur.

Sepeda BMX berwarna merah dan masih terbungkus plastik sebuah hadiah pemberian Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim tersebut, diserahkan kepada Dony pejuang literasi cilik melalui Camat Gunung Pelindung, Hendri Gunawan.

“Ya mas, anak saya Dony dapat hadiah sepeda BMX baru dari Ibu Bupati Chusnunia empat hari lalu. Hadiah berupa sepeda itu, diserahkan oleh Camat Gunung Pelindung,”kata Warsito ayah Dony pejuang literasi cilik itu kepada teraslampung.com, Jumat (22/9/2017).

Meski hadiah sepeda tersebut tidak diserahkan langsung oleh Bupati, namun Warsito dan istrinya merasa bersyukur dan berterima kasih atas pemberian tersebut. Karena hal itu, merupakan sebuah bentuk dan wujud dukungan dari seorang pimpinan (Bupati) terhadap anaknya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati, atas pemberian hadiahnya serta dukungannya untuk anak saya Dony,”ungkapnya.

Sementara Camat Gunung Pelindung, Hendri Gunawan mengatakan, meski Dony ini masih kecil, namun bocah tersebut sebagai pejuang literiasi dan menjadi sosok teladan masyarakat. Karena dia (Dony) keliling kampung, meminjamkan buku gratis mengajak teman-teman seusianya bahkan juga orang dewasa untuk membaca. Berkat keteladanannya itulah, Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim menghadiahi Dony seorang bocah yang masih duduk dibangku kelas 2 SD dengan sepeda baru.

“Sore itu saya yang menyerahkan hadiah sepeda untuk Dony, saat saya di rumahnya memang sudah banyak anak-anak sekitar yang datang untuk membaca bersama. Menurut saya , ini sangat bagus sekali dan layaklah Bupati mengapresiasi Dony,”ujar Hendri melalui ponselnya kepada teraslampung.com.

Menurutnya, selain pemberian hadiah sepeda, sebelumnya atau belum lama ini, Dony diberikan bantuan buku dari Perpustakaan daerah (Perpusda) Lampung Timur.

Dikatakannya, Pemda Lampung Timur mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Dony, karena anak seusia dia sudah mempunyai pemikiran seperti itu. Sedangkan kita yang tua saja, belum tentu berpikir seperti hal yang dilakukan Dony menularkan virus baca. Pihaknya sangat mendukung upaya yang dilakukan Dony penggiat literasi cilik, yang menularkan minat baca terhadap masyarakat di lingkungannya. Karena dengan membaca, akan menambah ilmu pengetahuan, mengentaskan kebodohan dan membuka wawasan jendela dunia.

“Mudah-mudahan, tidak hanya satu Dony ini saja sebagai penggiat literasi di Kecamatan Gunung Pelindung, Lampung Timur ini. Melainkan ada puluhan Dony lainnya untuk menularkan virus baca di setiap Desa di Kecamatan Gunung Pelindung,”ungkapnya.

Hendri mengutarakan, dirinya berencana akan melakukan gerakan di Kecamatan Gunung Pelindung tersebut dengan gerakan 18-20, hal tersebut dimaksudkan bahwa mulai dari pukul 18.00 sampai 20.00 WIB seluruh orangtua wajib dan ful mendampingi anaknya untuk belajar dan membaca, tidak menonton televisi ataupun pegang telephon seluller bermain games.

Karena di jam-jam itu (18.00 hingga 20.00 WIB), kata Hendri, biasanya anak-anak pulang mengaji, terus kerjakan PR. Tapi kalau lihat orangtuanya menonoton televisi, anaknya pasti ikut juga yang dilakukan orangtuanya.

“Ya gerakan 18-20 tersebut, baru sekedar wacana dan rencana saya kedepan untuk menumbuhkan minat baca terhadap anak-anak di wilayah Kecamatan Gunung Pelindung. Tapi hal itu akan saya koordinasikan dengan Dinas pendidikan, atau membuat surat edaran dan lainnya agar terlaksananya gerakan 18-20 tersebut,”terangnya.

Diketahui, Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim atau yang biasa di sapa Ibu Nunik sangat mendukung terhadap dunia literasi. Salah satu bentuk dukungannya, diadakannya festival membaca yang pernah digelar beberapa waktu lalu di Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur.

Pada kesempatan itu, Chusnunia mengajak seluruh masyarakat agar mulai gemar membaca. Karena dengan membaca, akan membuka wawasan, menambah ilmu pengetahuan dan masih banyak hal lainnya yang didapat dengan gemar membaca.

Sebagai bentuk dukungannya, Bupati di Lampung yang pertamakali dijabat oleh seorang wanita tersebut, memberikan bantuan pemasangan listrik di Rumah Baca “Akar Pelangi” di Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Lambuhan Ratu, Lampung Timur.

Bantuan berupa uang tunai tersebut, diberikan langsung oleh Chusnunia Chalim kepada pendiri Rumah Baca “Akar Pelangi” yakni Rudi Hartono.

Loading...