Covid-19, 4.059.290 Dosis Vaksin AztraZeneca Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Vaksin Covid-19 merek AstraZeneca sebanyak 4.059.290  dosis yang dibeli pemerintah Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta,  Jumat siang (19/11/2021).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan,  kedatangan vaksin tahap ke-124 ini diperoleh melalui skema pembelian langsung (direct purchase). Menurutnya, kedatangan vaksin ini menegaskan bahwa pemerintah berupaya keras memenuhi kebutuhan stok vaksin COVID-19 untuk masyarakat.

“Cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah melampaui target dari WHO,” katanya.

Menkes mengatakan ketersediaan stok vaksin Covid-19 di Indonesia masih aman.

Data vaksinasi COVID-19 hingga 18 November 2021, dari target populasi sebanyak 208 juta jiwa, sebanyak 67 persen telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, sementara sebanyak 56 persen telah mendapatkan dosis lengkap.

Menkes meminta kepada masyarakat untuk tidak ragu melakukan vaksinasi COVID-19, dan tidak perlu pilih-pilih vaksin.

“Pemerintah menjamin vaksin COVID-19 yang diberikan kepada masyarakat adalah aman, bermutu, dan berkhasiat,” katanya.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong, menyatakan menjelang akhir tahun, pemerintah Indonesia akan makin meningkatkan upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi agar target yang telah dicanangkan bisa tercapai.

“Salah satu yang perlu dilakukn adalah mengurangi peningkatan mobilitas pada akhir tahun agar tidak terjadi pengalaman buruk di tahun lalu, yaitu kasus Covid-19 meningkat tajam akibat mobilitas tinggi warga  saat liburan,” katanya.

 

  • Bagikan