Covid-19 di Tanggamus: Dua Orang Meninggal, Kasus Baru Tambah Sembilan

  • Bagikan
Ilustrasi aneka varian virus Corona/Sumber: shutterstock
Ilustrasi aneka varian virus Corona/Sumber: shutterstock

Siswanto | Teraslampung.com

Tanggamus – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus merilis adanya penambahan 9 kasus baru Covid-19, Rabu (18/8/2021) dan dua orang meninggal dunia.

Dengan penambahan tersebut, hingga hari ini jumlah kasus Covid-19 di Tanggamus menjadi  2.298. Perinciannya:  2.050 sembuh atau selesai menjadi isolasi, 110 orang meninggal dunia, dan 138 orang masih menjadi perawatawan.

Menurut juru bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus, Dr. Eka Priyanto mengatakan, jumlah terkonfirmasi kasus baru Covid-19 pada hari ini di Kabupaten Tanggamus mencapai 9 orang dan dua orang meninggal dunia.

“Sembilan (9) penambahan positif terkonfirmasi covid-19 dan ada dua pasien meninggal dunia pada hari ini,” kata Eka.

Tujuh  pasien baru yang masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri adalah:

Pasien nomor 2291, perempuan, umur 22 tahun, warga Kecamatan Gisting.
Pasien nomor 2292, perempuan, umur 56 tahun, warga Kecamatan Limau.
Pasien nomor 2293, perempuan, 22 tahun, warga Kecamatan Kelumbayan Barat.
Pasien nomor 2294, laki-laki,  71 tahun, warga Kecamatan Gisting.
Pasien nomor 2295, 69 tahun, warga Kecamatan Gisting.
Pasien nomor 2296, perempuan, 45 tahun, warga  Kecamatan, Ulu Belu.
Pasien nomor 2297, perempuan, 71 tahun, warga Kecamatan Ulu Belu.
Pasien nomor 2298, laki-laki,  5 tahun, warga  Kecamatan Ulu Belu.

Menurut Eka, pasien baru yang meninggal dunia adalah pasien nomor 2290, perempuan, umur 60 tahun, warga Kecamatan Gisting.

Ini merupakan kasus baru yang ada di Kabupaten tanggamus, kasus ini bergejala yang disertai penyakit penyerta. Di bawa keluarga ke RS Panti Secanti Gisting untuk dilakukan pemeriksaan dan dengan hasil RDT-Antigen positif.

Kemudian dilanjutkan pemeriksaan RT-PCR, dengan hasil RT-PCR SARS CoV-2 positif, pasien dilakukan isolasi di ke RS Panti Secanti Gisting untuk mendapatkan penangan secara medis.

“Kondisi pasien terjadi perburukan klinis dan pasien meninggal tertanggal 17 Agustus 2021, selanjutnya dilakukan pemulasaran dan pemakaman secara protokol Kesehatan,” kata Eka.

Pasien nomor 2295 termasuk kasus ini merupakan kasus baru bergejala, dilakukan RDT-Antigen di Puskesmas Gisting dengan hasil RDT-Antigen positif. Karena pada kasus ini kondisi klinis pasien bergejala berat, pasien di isolasi RSUD Batin Mangunang untuk mendapatkan penangan secara medis lebih terkontrol.

“Perjalanan waktu, kondisi pasien terjadi perburukan klinis dan pasien meninggal tertanggal 16 Agustus 2021, selanjutnya dilakukan pemulasaran dan pemakaman secara protokol kesehatan,” ungkap Eka.

Riwayat Pasien 2291 kasus ini kasus baru kasus bergejala, oleh keluarga dibawa ke Puskesmas Rantau Tijang untuk dilakukan pemeriksaan, UPTD Puskesmas Rantau Tijang dilakukan serangkaian pemeriksaan dengan hasil RDT-Antigen negatif.

Karena gejala mengarah ke infeksi covid19, pasien dilanjutkan pemeriksaan RT-PCR, sambil menunggu hasil RT-PCR pasien dilakukan isolasi mandiri.

Hari ini hasil RT-PCR SARS CoV-2 positif, karena gejala pada pasien sudah mengalami perbaikan pasien dilakukan isolasi lanjutan dengan mengikuti ketentuan dan mematuhi protokol Kesehatan.

Sementara untuk riwayat pasien 2292 kasus baru, bergejala yang disertai penyakit penyerta, oleh keluarga dibawa ke RS Azzahra Kalirejo untuk dilakukan pemeriksaan RT-PCR, sambil menunggu hasil RT-PCR pasien dilakukan isolasi di RS Azzahra Kalirejo untuk mendapatkan penangan secara medis.

“Hari ini hasil RT-PCR pasien menunjukkan pasien positif RT-PCR SARS CoV-2, karena pasien masih bergejala kepada masih dilakukan isolasi lanjutan di RS RS Azzahra Kalirejo untuk mendapatkan penangan lebih terkontrol,” ujar Eka.

Pasien 2293, 2294, 2296, 2297,2298 merupakan hasil testing tim UPTD Puskesmas di Tanggamus.

“Atas kondisi tersebut, maka perkembangan pemantauan Covid 19 Kabupaten Tanggamus sampai dengan hari ini, terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 2298. Selesai isolasi 2050. Dirawat 138. Jumlah kematian konfirmasi 110,” terang Eka.

Eka mengingatkan masyarakat Tanggamus untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan selalu pakai masker saat di luar rumah, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan selalu cuci tangan pakai sabun.

“Ini semua harus kita dilakukan agar kita semua cepat keluar dan terbebas dari pandemi covid-19 ini,” katanya.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page