Covid-19 di Tanggamus: Kasus Bertambah 29, Dua Pasien Meninggal

  • Bagikan
Ilustrasi Virus Corona/Foto: Shutterstock
Ilustrasi Virus Corona/Foto: Shutterstock

Siswanto | Teraslampung.com

Tanggamus – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangggamus merilis adanya penambahan 29 kasus baru Covid-19, Sabtu (7/8/2021). Dengan begitu, jumlah kasus Covid-19 di Tanggamus sampai hari ini ada 2.055.

Hari ini juga ada dua pasien Covid-19 di Tanggamus yang meninggal dunia, sehingga total pasien Covid-19 di Tanggamus menjadi 28 orang.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Tanggamus,  Eka Priyanto, dua pasien yang meninggal adalah:

1. Pasien nomor pasien 2029, laki-laki,  44 tahun warga Kecamatan Pulau Panggung. Pasien kasus bergejala dengan disertai penyakit penyerta. Ia memiliki dibawa oleh keluarga ke RSUD Pringsewu untuk dilakukan pemeriksaan. Oleh tim RSUD dilakukan serangkaian pemeriksaan dengan hasil RDT-Antingen Positif.

Kemudian dilakukan pemeriksaan RT-PCR, sambil menunggu hasil RT-PCR pasien dilakukan isolasi oleh RSUD Pringsewu untuk mendapatkan penanganan secara medis.

“Kondisi pasien terjadi pemburukan dan pasien meninggal tanggal 5 Agustus 2021. Selanjutnya dilakukan pemulasaran dan pemakaman secara protokol kesehatan,” kata Eka.

2.Pasien nomor 2037, perempuan, 27 tahun, warga Kecamatan Bulok. Pasien kasus bergejala dengan disertai penyakit penyerta, kasus ini dibawa oleh keluarga ke Klinik Marga Husada Pardasuka untuk dilakukan pemeriksaan.

Dilakukan serangkaian pemeriksaan dengan hasil RDT-Antigen Positif karena pasien bergejala sedang, pasien dianjurkan untuk dirujuk di RSUD untuk dapat penanganan yang lebih baik. Pihak keluarga menolak dan memilih untuk melakukan isolasi mandiri dirumah.

“Kondisi pasien terjadi pemburukan dan pasien meninggal tertanggal 6 Agustus 2021, selanjutnya dilakukan pemulasaran dan pemakaman secara protokol kesehatan,” kata Eka.

Sementara untuk 27 pasien baru diidenfikasi positif Covid-19 warga Kecamatan Kota Agung Barat 2 orang, Kecamatan Kota Agung Timur 1 orang, Kecamatan Kota Agung Pusat 2 orang.

Kecamatan Air Naningan 1 orang, Kecamatan Limau 2 orang, Kecamatan Bulok 2 orang, Kecamatan Ulu Belu 5 orang, Kecamatan Pugung 3 orang, Kecamatan Talang Padang 6 orang, Kecamatan Gisting 2 orang, dan Kecamatan Pematang Sawah 1 orang.

“Dengan penambahan tersebut untuk perkembangan pemantauan Covid-19 Tanggamus sampai dengan hari ini: Konfirmasi positif Covid -19 ada 2055 kasus. Selesai Isolasi 1628 pasien. Dirawat 343 pasien. Kematian konfirmasi 84 orang,” terang Eka.

  • Bagikan