Covid-19, Lampung Utara kembali Jadi Zona Oranye

  • Bagikan
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Foto: Shutterstock
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Foto: Shutterstock

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Status Zona Covid-19 Lampung Utara kembali turun ke zona oranye. Penurunan status dari zona merah ke oranye ini terhitung sejak 25 Juli lalu.

“Saat ini Lampung Utara sudah kembali ke zona oranye,” jelas Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Natalia Manan, Minggu (1/8/2021).

Maya menuturkan, penurunan status dari zona merah ke oranye terhitung sejak tanggal 25 Juli. Status itu didapat berdasarkan hasil penilaian Satgas Covid-19 pusat. Penilaian itu dilakukan sejak tanggal 18 – 25 Juli lalu.

“Seperti halnya dengan penetapan zona merah, penurunan status juga dilihat dari pengawasan, epidemiologi, dan pelayanan kesehatan,” terangnya.

Meski telah turun ke zona oranye, namun Maya meminta warga untuk tidak terlena dengan status tersebut. Protokol kesehatan harus tetap dijalankan saat beraktivitas di luar rumah. Itu dikarenakan naik atau turunnya status tergantung fakta di lapangan. Fakta ini yang akan terus dinilai oleh Satgas Covid-19 pusat tiap pekannya.

“Jadi, tak bosan – bosannya kami imbau kepada seluruh warga Lampung Utara untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan di manapun berada supaya penyebaran virus Corona 2019 dapat terkendali,” imbau dia.

Berdasarkan data Bappeda Lampung pada 31 Juli 2021, 96 warga Lampung Utara kembali positif terpapar Covid-19 dengan tiga di antaranya meninggal dunia. Secara keseluruhan, total warga Lampung Utara yang terpapar Covid-19 mencapai 3.280 orang.

Dari ke-3.280 orang itu, 1.909 orang di antaranya dinyatakan sembuh atau selesai menjalani isolasi, 121 orang meninggal dunia. Sementara jumlah warga yang masih menjalani proses isolasi mencapai 1.250 orang‎.

  • Bagikan