Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Covid-19, Pemkot Bandarlapung-Gratiskan PBB di Bawah Rp150 Ribu

Covid-19, Pemkot Bandarlapung-Gratiskan PBB di Bawah Rp150 Ribu

1399
BERBAGI
Walikota Bandarlampung, Herman HN
Walikota Bandarlampung, Herman HN

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung pada masa pandemi Covid-19 ini menggratiskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta memberi pengurangan pembayaran PBB tahun 2020.

“Saya menggratiskan PBB untuk yang tagihannya di bawah Rp150. Untuk Rp 150 sampai Rp300 ribu saya diskon 50 persen. Sedangkan yang nilai tagihannya Rp300 ribu sampai Rp500 ribu diberi diskon 30 persen,” jelas Walikota Herman HN, di Kantor Pemkot Bandarlampung, Rabu, 10 Juni 2020.

Meskipun tidak dikenakan biaya PBB, kata Herman,  namun Pemkot Bandarlampung tetap akan memberikan tanda lunas bagi yang membayar PBB Rp150 ribu kebawah.

“Jadi masyarakat tingkat bawah tidak usah bayar PBB-nya tapi tetap akan dikasi bukti pembayaran PBB,” katanya.

Saat ditanyakan sampai kapan program gratis PBB bagi masyarakat belum mampu dan pemberian diskon tersebut. Dia menjawab hanya tahun ini saja.

“Untuk tahun ini saja dan dalam rangka pandemi Covid-19,” ujar Herman HN.

Dia juga menjelaskan untuk pembayaran PBB yang setahunnya diatas Rp500 ribu tetap membayar seperti biasa.

“Yang PBB-nya Rp500 ribu keatas bayar full,” katanya.

Kebijakan yang diambil Walikota Herman HN ini jelas berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) setelah sebelumnya walikota mengatakan dari pajak hiburan, hotel dan restoran pemkot kehilangan pendapatan dari Rp1 milyar sampai Rp1,5 milyar perharinya kini hanya kisaran Rp400 juta/hari.

Dandy Ibrahim

Loading...