Beranda Ruwa Jurai Metro Covid-19, Purwosari Ditetapkan Sebagai Kelurahan Mandiri di Kota Metro

Covid-19, Purwosari Ditetapkan Sebagai Kelurahan Mandiri di Kota Metro

1275
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM  — Walikota Metro Achmad Pairin pada Kamis (30/7/2020) meresmikan Kelurahan Purwosari, Kecamatan Metro Utara, sebagai Kelurahan Mandiri Purwoasri Kota Metro dalam rangka Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hadir pada peresmian tersebut antara lain Wakapolda Lampung Eddy Hermanto, M.M., M.H, Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati,dan para pejabat teras Pemkot Metro. Dalam rangka launching tersebut.

Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati menjelaskan bahwa di Kota Metro ada 5 (lima) Kelurahan yang dijadikan point project untuk dikembangkan menjadi kelas RW bebas covid-19.

“Pembangunan kelurahan mandiri ini adalah pembangunan yang berdasarkan kepada problem oriented solving, dimana masyarakat harus mampu memecahkan masalahnya sendiri, karena tidak bisa mengandalkan instansi ataupun pihak-pihak manapun untuk menyelesaikan masalahnya,” katanya.

Menurutnya, masyarakat dapat memecahkan masalah sendiri dengan melakukan penyemprotan disinfektan sendiri, penggadaan masker serta penggadaan kegiatan sendiri termasuk kegiatan edukasi pemakaman yang memang dilakukan Kodim dan Polres untuk bisa sesuai dengan standar Covid-19.

Wakapolda Lampung Kombes  Pol. Eddy Hermanto mengatakan saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia hampir mengalami musibah pandemi Covid-19.

“Wabah tersebut dapat menimbulkan masalah sosial dan ekonomi seperti penurunan daya beli masyarakat, dirumahkannya para pekerja atau buruh pabrik, dampak psikologis terhadap individu akibat karantina mandiri,” katanya.

Menurutnya, upaya penguatan ekonomi kerakyatan dengan melakukan kolaborasi dengan stake holder melalui pengembangan budaya kewirausahaan dan penggalangan partisipasi masyarakat atau pelaku usaha dalam mengelola potensi sumber daya alam untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Acara diakhiri dengan pemberian kotak sterilisasi uap, 1.000 masker, serta disinfektan kepada lima kelurahan secara simbolis.