Covid-19, Sejumlah Tahapan Pilkades Serentak di Lampung Utara akan Ditunda

  • Bagikan

Feby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi-Dinas Pemberdayaan Masyarakat ‎dan Desa (DPMD) Lampung Utara memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak Lampung Utara akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Meski begitu, sejumlah tahapan yang berpotensi mengumpulkan massa kemunginan besar akan ditunda.

Pelaksanaan Pilkades serentak Lampung Utara sendiri akan dilakukan pada November mendatang. Total ada 143 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak.

“Keputusan untuk menunda tahapan – tahapan yang berpotensi menimbulkan kerumunan tergantung perkembangan situasi Lampung Utara,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat ‎dan Desa Lampung Utara, Abdurahman, Minggu (25/7/2021).

‎Kebijakan untuk menunda sejumlah tahapan yang berpotensi menyebabkan kerumunan itu sejalan dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri pada 21 Juli lalu. Surat dengan nomor 141 / 3351 / BPD itu ditujukan pada bupati/walikota pelaksana Pilkades serentak.

“Tahapan sebelumnya yang telah dilakukan tetap dianggap sah,” jelasnya.

Adapun ‎tahapan – tahapan yang berpotensi menimbulkan kerumunan itu adalah pengambilan nomor urut, ujian tertulis, kampanye calon, pemungutan surara, pelantikan kepala desa terpilih. Tahapan – tahapan itu tertuang jelas dalam surat edaran tersebut.

“Pilkades di luar pulau Jawa dan Bali serta kriteria level 4 tetap diperbolehkan, tapi dengan protokol kesehatan ketat,” kata dia.

Di tempat berbeda, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Lampung Utara, Ismirham Adi Saputra mengatakan bahwa tahapan yang sedang dilakukan ini saat ini baru tahapan perpanjangan berkas pencalonan. Dengan demikian, tahapan ini belum berpotensi mengumpulkan massa.

“Enam desa yang belum memenuhi batas minimal calon kepala desa yang mendaftar. Minimal calon kepala desa itu harus dua orang,” jelasnya.

  • Bagikan