CSR Berbasis Lingkungan Hidup. Joko Umar Said Apresisasi CSR PT Coca Cola Amatail

  • Bagikan
Joko Umar Said (Foto: Teraslampung.com/Mas Alina Arifin)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com—Ketua Tim Percepatan Pembangunan Lampung, Joko Umar Said, mengapresiasi program CSR Coca Cola Forest yang menanam 2.700 pohon jabon  di area pabrik yang melibatkan generasi muda untuk mencintai lingkungan hidup.

“Saya mengapresiasi CSR yang dilakukan Coca Cola Amatil dengan menanam pohon jabon melibatkan  anak-anak sekolah /generasi muda yang ada disekitar pabrik,” katanya dalam sesi diskusi yang diselenggarakan oleh Kadin Lampung dan Forkapel tentang “Konservasi Tanah dan Air di Pabrik PT Coca Cola Amatil”, di  Tanjung Bintang, Lampung  Selatan, Kamis (19/3).

Dengan adanya CSR seperti ini, lanjut Joko, secara tidak langsung mendidik para generasi muda agar lebih mencintai lingkungajn sekitarnya. Selain itu, dengan adanya Forum Komunikasi Antar-Perusahaan Lampung (Forkapel) sebagai pelaku usaha dapat menjadi lokomotif perekonomian Lampung yang akan menarik pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Joko ada sekitar 30 persen PAD Lampung  yang didapat dari sektor pertanian. Namun pertanian tanpa perbaikan  ekologi akan sia-sia. Misalnya saja penambahan produksi padi/gabah  1 juta ton/tahun yang memerlukan sumber  irigasi yang ada di hulu/hutan.

Sebenarnya, kata Joko, sekitar 15 tahun lalu Lampung sudah ada konsep daerah-daerah penyangga air di Lampung, diantaranya Tanggamus, Pringsewu, Mesuji dan Lampung Selatan (Gunung Rajabasa). Kabupaten –kabupaten yang  melewati air dari hulu ini harus berkontribusi untuk pertanian dalam pemanfatan air. Namun konsep ini pun tidak bisa jalan. “Meski demikian Lampung dianggap wilayah yang berhasil dalam perhutanan,” jelasnya.

Mas Alina Arifin

Loading...
  • Bagikan