DAK Nonfisik Rp343 Juta Dipakai Dinas Koperasi Lampura untuk Dua Pelatihan

Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Utara
Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Utara
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Lampung Utara menerima Dana Alokasi Khusus nonfisik sebesar Rp343 juta‎ pada tahun 2022 ini. Uang ratusan juta itu dipergunakan untuk pelatihan dan pendampingan.

“DAK nonfisik sebesar Rp343 yang kami terima tahun 2022 ini digunakan untuk pelatihan,” kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Lampung Utara, Dina Prawitarini, Senin (6/6/2022).

Pelatihan yang mereka lakukan itu ditujukan pada sejumlah koperasi dan pelaku UMKM. Untuk pelatihan koperasi telah dilakukan, sedangkan pelatihan untuk UMKM masih sebatas rencana.

“Pelatihan untuk koperasi dilakukan sekitar bulan Mei lalu. Jumlah pesertanya sekitar 35 orang,” terangnya.

Dina menjelaskan, pelatihan – pelatihan yang mereka adakan ini bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan dan kemampuan para peserta. Melalui pelatihan ini, mereka diharapkan dapat melalui setiap kesulitan yang ditemui di lapagan.

“Contohnya pelatihan koperasi. Mereka akan mendapat pengetahuan mengenai manajemen, dan sejenisnya,” tutur dia.

Selain memberikan pelatihan, pihaknya juga akan memberikan pendampingan kepada para peserta pelatihan‎. Jumlah petugas pendamping ada dua orang. Kedua pendamping ini bertugas untuk melihat sejauh mana manfaat dari pelatihan yang telah diberikan pada para peserta.

“Mereka juga akan membantu para peserta saat mengalami kesulitan,” katanya.