Dalam Waktu Satu Jam, Gudang “Istana Mebel” Habis Terbakar

  • Bagikan
Gudang Toko "Istana Mebel" di Jalan Hendro Suratmin, Kelurahan Waydadi, Sukarame, Bandarlampung ludes terbakar, Selasa malam (3/11/2015) sekitar pukul 18.30 WIB.
Gudang Toko "Istana Mebel" di Jalan Hendro Suratmin, Kelurahan Waydadi, Sukarame, Bandarlampung ludes terbakar, Selasa malam (3/11/2015) sekitar pukul 18.30 WIB.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Sebuah Gudang meubel “Toko Istana Mebel”di Jalan Hendro Suratmin, Kelurahan Waydadi, Sukarame, Bandarlampung (jalur dua Bypass) tepatnya berada di samping SPBU Imanuel dilalap si jago merah, pada Selasa (3/11) malam sekitar pukul 18.30 WIB. Kebakaran yang  diduga akibat arus pendek korsleting listrik itu menghanguskan semua isi gudang dalam tempo sekitar satu jam.

Menurut keterangan warga sekitar, Edi,  pada saat terjadinya kebakaran tersebut awalnya ia sempat melihat ada api kecil seperti bakaran sampah. Tidak lama kemudian, dilihatnya gumpalan asap semakin banyak dan tebal.

“Saya mengira kalau api itu ada warga yang bakar sampah. Awalnya kecil, tapi tiba-tiba ada gumpalan asap tebal dan api langsung membesar. Karena tempat yang kebakaran ini agak berdekatan dengan pom bensin, dan saya takut api itu menyambar pom bensin. Saat itu juga saya langsung menghubungi Polsek Sukarame,”kata Edi, Selasa (3/11).

Karena gudang mebel yang terbakar tersebut berdekatan dengan SPBU Imanuel, sehingga membuat warga sekitar lokasi kejadian panik. Karena takut kobaran api tersebut menjalar dan membakar SPBU, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Bandarlampung, bersama
warga sekitar mengamankan dengan mengeluarkan puluhan tabung gas baik ukuran 12 kilogram dan tabung gas melon dari dalam SPBU tersebut.

BACA JUGA:   Lapak Es Kelapa Muda di Dekat Pasar Cimeng Bandarlampung Terbakar

Untuk menjinakkan api, delapan unit mobil pemadam kebakaran (Damkar)BPBD Kota Bandarlampung dan sejumlah petugas pemadam diterjunkan untuk menjinakkan api yang melahap gudang mebel tersebut.

Aparat kepolisian dari Polsekta Sukarame dan Polresta Bandarlampung yang berada di lokasi kejadian, selain berusaha menjinakkan api dan mengamankan lokasi kejadian. Petugas juga mengatur arus lalulintas. Sebab, akibat kebakaran tersebut menimbulkan kemacetan panjang karena lokasi terjadinya kebakaran berdekatan dengan Jalan Soekarno-Hatta Bandarlampung (Bypass).

Pemilik “Istana Mebel”, Ny. Acu, mengaku dirinya  tidak mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran yang terjadi di gudang mebel miliknya. Kebakaran itu terjadi, selepas semua karyawan yang bekerja di tempatnya pulang.

“Saya dapat kabar melalui telepon dari salah satu karyawan saya, kalau gudang meubelnya kebakaran. Mendapat kabar itu, saya bersama suami langsung menuju ke lokasi,”kata dia,

Pada saat dirinya datang, lanjut Ny Acu, ia melihat api sudah membesar dan membakar semua bangunan dan isi yang ada didalam gudang. Menurutnya, sebab isi yang ada didalam gudang itu, merupakan barang-barang yang mudah cepat terbakar dan tidak ada yang bisa diselamatkan.

BACA JUGA:   Mayat Pria Ditemukan di Sungai Kawasan Kebun Sawit Candimas Lampung Utara

“Ya kalau penyebab pasti kebakarannya, saya belum tahu pasti apa penyebabnya. Kalau kerugiannya ya ratusan juta lah, semua bahan dan alat produksi semuanya habis terbakar dan tidak tersisa
lagi,”ungkapnya dengan raut wajah sedih.

Terpisah, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung, Erwin, saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya mendapat informasi tersebut langsung menuju ke lokasi kejadian dengan mengerahkan delapan unit mobil pemadam untuk menjinakkan api. Namun setibanya di lokasi kebakaran, api sudah sangat besar,

“Petugas sampai di lokasi, sekitar kurang lebih setengah jam ketika kebakaran itu terjadi. Awalnya kami mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran. Empat mobil damkar kami terjunkan lagi untuk dapat segera menjinakkan api. Selama hampir dua jam, petugas akhirnya dapat memadamkan api,”terangnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran yang melahap habis gudang Toko “Istana Meubel” tersebut. Namun, dugaan sementara, kebakaran itu terjadi disebabkan arus pendek listrik (korsleting).

  • Bagikan