Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia

  • Bagikan
Ki Manteb Sudharsono. TEMPO/Yosep Arkian

TERASLAMPUNG.COM — Innalillahi wa inaillaihi roji’un. Kabar duka datang dari dunia seni pewayangan. Dalang kondang Ki Manteb Sudarsono,  dikabarkan meninggal dunia, Jumat (2/7/2021).

Kabar duka itu disampaikan seniman dalang Sudjiwo Tedjo melalui akun Twitternya:  “Breaking News: Dalang Senior Ki Manteb Sudardono wafat,” tulis Sudjiwo.

Dalam cuitan selanjutnya Sudjiwo meminta seseorang untuk mengklarifikasi kabar tersebut. Cuitan Sudjiwo ini mendapat balasan dari akun @didiksetywannew. “Leres mbah. Valid kabar dari Mas Medhot,” tulisnya.

Didik Setyawan, yang dalam bio akunnya menulis sebagai pemain gamelan, juga mengunggah kabar yang sama di akun Twitternya. “Innalillahi wa innailaihi rajiun, sugeng tondak sang maestro dalang, Husnul Khotimah..Amin YRA,” tulisnya disertai foto Ki Manteb Sudarsono.

BACA JUGA:   IPPMI: Implementasi UU Desa tidak Bisa Ditunda

Medhot Darsono adalah putra dari dalang Ki Manteb Sudarsono. Belum diketahui dengan jelas penyebab meninggalnya Ki Manteb.

Ki Manteb Sudarsono lahir di Sukoharjo, 31 Agustus 1948. Ia adalah dalang terkenal dari Jawa Tengah dan mendapat julukan dalang setan lantaran kehebatannya memainkan tokoh wayang. Sabetannya saat memainkan wayang itu amat kuat. Gaya sabetannya ini diteruskan oleh Ki Seno Nugroho, yang sudah dianggapnya anaknya sendiri. Ki Seno sudah meninggal pada 2 November tahun lalu.

TEMPO

.com/t/e/teraslampung.com.1193498.js" async>
  • Bagikan