Beranda News Organisasi Damar Gelar Pelatihan Paralegal bagi Satgas Desa

Damar Gelar Pelatihan Paralegal bagi Satgas Desa

310
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Lembaga Advokasi Perempuan Damar mengelar pelatihan paralegal bagi anggota Satgas Desa Pencegahan dan Penanganan kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak,Sabtu,29 Desember 2018.

Menurut Koordinator Program Damar Sofiyan dalam realesenya menjelaskan pelatihan yang diselenggarakan pada 28 sampai 30 Desember 2018, di Hotel Andalas yang melibatkan 23 orang dari Desa Tegal Ombo, Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur, Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting-Kabupaten Tanggamus dan Desa Margerejo, kecamatan Kota Bumi Utara-Kabupaten Lampung Utara.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membangun perspektif gender dan HAM yang diperlukan dalam mendampingi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.”

“Selain itu juga memberikan pengetahuan hukum dasar yang meliputi pengenalan tentang sistem hukum, proses pembuatan hukum, serta meningkatkan Keterampilan terkait peran pendampingan, langkah-langkah pendampingan dalam penanganan kasus, dan teknik konseling,” jelas Sofiyan.

Lebih lanjut dia mengungkapkan selama tahun 2018 lembaganya menerima pengaduan kekerasan terhadap perempuan sebanyak 40 kasus.

“Dalam satu bulan di Lampung telah terjadi kekerasan terhadap perempuan 4 kasus, ini data yang nampak dipermukaan yang tidak terungkap mungkin lebih banyak lagi,” jelasnya.

Untuk itu, masih kata Sofian guna menekan angka kekerasan pada perempuan di Lampung dibutuhkan layanan Satgas Desa guna pencegahan serta penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Pelatihan ini difasilitasi Ratna Batara Munti (Pengurus LBH Apik Jakarta) dan Sely Fitriani (Direktur Eksekutif Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR),” kata Sofiyan.

Dandy Ibrahim

Loading...