Beranda Views Suara Publik DAMAR Gelar Pelatihan Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender

DAMAR Gelar Pelatihan Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender

233
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR menggelar Pelatihan Fasilitator Diskusi Komunitas Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender guna meningkatkan kapasitas para fasilitator. Acara akan dilaksanakan pada 21-23 Juli 2018 di hotel Emersia, Bandarlampung.

Pelatihan itu menurut Direktur Eksekutif Damar Sely Fitriani dalam siaran persnya kepada Teras Lampung,  bertujuan agar fasilitator memiliki kemampuan untuk mengungkap atau memetakan masalah yang ada di lingkungannya serta memperkuat perspektif dalam melakukan pendampingan komunitas kelas. Pelatihan ini atas dukungan RutgersWPF Indonesia.

“Pelatihan kami selenggarakan pada Sabtu – Senin, 21 – 23 Juli 2018 pesertanya  25 orang fasilitator diskusi komunitas dari serikat-serikat perempuan yang ada di Kabupaten Lampung Timur dan Tanggamus  serta staf Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR,” jelas Sely Fitriani.

Dalam pelatihan tersebut berbagai pengetahuan dan ketrampilan serta upaya-upaya membangun kesadaran disiapkan, pengetahuan tentang Participatory Action Research, pendalaman pengetahuan gender dan kekerasan berbasis gender, analisis sosial berperspektif feminisme, pemetaan sosial dengan menggunakan alat-alat Partiicipatory Rural Appraisal, dan pengorganisasian perempuan untuk terlibat aktif dalam Musrenbangdes serta mengawal rencana kerja pembangunan desa tahunan.

“Kami berharap pelatihan ini dapat menguatkan fasilitator diskusi komunitas, menjadi modal sosial fasilitator diskusi komunitas dalam penyelenggaraan diskusi komunitas dan pengorganisasian untuk pelibatan para stakehoder desa dalam mengakhiri kekerasan berbasis gender,” tutup Sely Fitriani.