Beranda Sosial Kiprah DAMAR Inisiasi Satgas Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

DAMAR Inisiasi Satgas Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

297
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR menyelenggarakan Diskusi Lanjutan Mewujudkan Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak di Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Selasa (18/9/2018).

Menurut Direktur Esekutif DAMAR Sely Fitriani, diskusi lanjutan ini diselenggarakan dengan tujuan merumuskan langkah-langkah strategis untuk percepatan mewujudkan terbentuknya Satuan Tugas Penanganan Masalah Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.

“Hal ini merupakan  langkah awal dalam menangani permasalahan perempuan dan Anak di Pekon Purwodadi dengan melibatkan OPD Kabupaten Tanggamus,” katanya.

Agar Satgas ini cepat terbentuk, kata Sely, DAMAR  mengundang aparat penegak hukum, aparatur pemerintah pekon, kelompok perempuan, dan kelompok ayah untuk terlibat dalan diskusi ini,” jelasnya.

Menurut Sely, perempuan dan anak korban kekerasan harus mendapatkan perhatian, baik itu penanganan pengaduan, pelayanan kesehatan, bantuan hukum, rehabilitasi sosial, dan reintegrasi sosial.

Sely mengatakan selama ini telah terbentuk lembaga layanan pengaduan yang menangani perempuan dan anak di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tanggamus seperti organisasi layanan perempuan dan anak yang dibentuk pemerintah daerah tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Meski begitu, kata dia, pada umumnya penanganan kasus perempuan dan anak yang mengalami permasalahan terkadang tidak dilakukan penjangkauan dan identifikasi sehingga layanan tidak sesuai dengan kebutuhan.

“Selain itu organisasi perempuan dan anak yang dibentuk pemerintah belum maksaimal dalam merespon kasus-kasus kekerasan pada perempuan dan anak yang terjadi di daerah, berbagai kendala yang dihadapi di antaranya adalah kurangnya sosialisasi ke masyarakat akan keberadaan lembaga layanan pengaduan tersebut serta bagaimana tugas fungsinya,” ungkapnya.

Para narasumber pada diskusi Lanjutan Mewujudkan Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak di Pekon Purwodadi antara lain Dr. Yusnani Hasyimzoem, MH (Akademisi Fakultas Hukum Unila), Siti Noor Laila, SH (Mantan Komisioner Komnas HAM) dan Sekretaris Dinas PMD Kanupaten Tanggamus.

Dandy Ibrahim

Loading...