Beranda Views Opini Dampak Musim Hujan Terhadap Konsumsi BBM

Dampak Musim Hujan Terhadap Konsumsi BBM

73
BERBAGI

Oleh Eka Suci Puspita Wulandari*

Saat ini wilayah Lampung sebagian besar sudah berada pada fase musim hujan. Bagaimana suatu fase bisa dikatakan masuk musim hujan ? BMKG mempunyai standar menentukan awal musim hujan (AMH) berdasarkan jumlah curah hujan 1 dasarian (10 hari) berjumlah ≥ 50 mm dan diikuti 2 dasarian (20 hari) berikutnya atau total curah hujan dalam 1 bulan berjumlah ≥ 150 mm. Wilayah Lampung sebagian besar memiliki Zona Musim yang jelas artinya perbedaan antara musim hujan dan musim kemaraunya jelas kecuali wilayah Pesisir Barat dan Lampung Barat yang memiliki tipe Non Zona Musim.

Pada musim hujan seperti sekarang ini masyarakat tentunya yang memiliki kendaraan roda 4 akan lebih sering menggunakannya ketimbang pada saat musim kemarau. Terutama di wilayah Bandar Lampung dimana akses kendaraan roda 2 akan lebih mudah jika dibandingkan dengan kendaraan roda 4. Namun apakah masyarakat sadar bahwa konsumsi BBM pada saat musim hujan untuk kendaraan roda 4 akan meningkat ? Mari kita ulas lebih lanjut.

Mesin mobil akan bekerja secara maksimal pada suhu yang tinggi. Nah pada musim hujan suhu mesin mobil akan secara tidak langsung diturunkan oleh kondisi di luar yang dingin karena seringkali turun hujan atau pada saat berjalan turun hujan di sepanjang perjalanan. Jika mesin mobil bekerja pada suhu yang rendah disini bahan bakar akan digunakan lebih banyak karena dari pabrikan mobil sudah disetel agar mobil beroperasi dengan maksimal dengan kata lain ideal adalah pada suhu mesin sekitar 93°C. Selain itu putaran mesin pada suhu yang dingin atau rendah akan dibuat lebih tinggi agar dapat bekerja dengan baik dan tidak berguncang ini juga menjadi penyebab konsumsi bahan bakar menjadi meningkat.

Nah ternyata ada hubungannya juga ya antara cuaca sampai penggunaan BBM, jadi masyarakat tidak perlu khawatir kalau di musim hujan ini antrian kendaraan roda 4 di berbagai tempat pengisian bahan bakar akan lebih padat jika dibandingkan pada saat musim hujan. Ini dalah kondisi yang normal karena memang pada saat musim hujan penggunaan bahan bakar juga akan semakin meningkat. Namun ini hanya salah satu faktor ya, faktor lainnya juga banyak yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar seperti salah satunya penggunaan AC berlebih atau gaya berkendara yang tidak benar.

Kami dari BMKG Lampung setiap harinya akan membuat prakiraan cuaca di wilayah Lampung di setiap Kabupaten yang bisa diikuti perkembangannya memalui website BMKG atau juga di aplikasi android info bmkg yang akan diperbaharui setiap hari. Jadi masyarakat di musim hujan ini terutama yang memiliki kendaraan roda 4 harus menyiapkan uang lebih ya untuk konsumsi BBM kendaraanya. Ternyata dampak dari cuaca begitu besar ya tidak hanya pada penerbangan, pelayaran, pertanian, bahkan sampai kehidupan sosialpun cuaca memiliki dampak tersendiri.

Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya selama musim hujan berlangsung karena sudah banyak kita saksikan mulai terjadi banjir bahkan di wilayah Tanggamus sudah memakan korban jiwa. Yuk kita sama sama lebih memperhatikan kondisi sekitar, mulai dari hal kecil seperti membersihkan saluran air di depan rumah supaya tidak terjadi penyumbatan yang bisa menimbulkan genangan. Generasi milenial yang peduli cuaca itu dijamin keren pokoknya.***

*Prakirawan BMKG Lampung

Loading...