Dan, Juara Bertahan itu pun Terbantai…

  • Bagikan
Kiper Spanyol, Iker Casillas, tak mampu menahan bola tendangan Robben. Ia terkecoh. (Foto dok theguardian)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Dengan kepercayaan penuh, pada laga awal Piala Dunia tim menghadapi juara bertahan Spanyol. Tidak seperti menghadapi kampiun dunia, Arjen Robben dan kawan-kawan tampil  bak ‘banteng ketaton’, prima sejak menit awal hingga akhir pertandingan.Skor 5-1 membuat  jutaan pendukung tim oranye histeris. Sebaliknya, tim matador tertunduk lesu saat meninggalkan Arena Fonte Nova, Sabtu (14/06).

Kemenangan besar saat melawan juara dunia jelas sebuah kebanggan tersendiri sekaligus pukulan berat bagi Spanyol. Pesta gol anak asuh Louis van Gaa  itu dihasilkan oleh Robin van Persie (2 gol), Arjen Robben (2 gol) dan Stefan de Vrij. Tim Spanyol agak sedikit bisa menutup muka dengan satu gol lewat Xabi Alonso.

Harapan kemenangan sebenarnya sudah terbuka saat wasit menghadiasi tendangan bebas di kotak penalti bagi Spayol pada menit 27. Itu terjadi setelah Diego Costa dijatuhkan Jaspes Cullessen di daerah terlarang. Skor 1-0 berlangsung kurang dari 20 menit, karena pada menit ke-44 atau menjelang akhir babak pertama Robin Van Persie berhasil menjebol gawang Iker Casillas.Persie dengan sangat cerdik memanfaatkan bola lambung dari Daley Blind dari tengah lapangan.  Gol ini termasuk spesial, karena diciptakan Persie  lewat aksi. Penyerang Manchester United itu umpan silang Daley Blind ke arah gawang. Bola yang melambung tak bisa diantisipasi Casillas.

Memasuki babak kedua, Spanyol benar-benar menjadi bulan-bulanan tim oranye Serangan balik yang dibangun tim Spanyol pun sering kandas. Sebaliknya, serangan-serangan Belanda terus membaayakan gawang Casillas. Pada menit ke-53. Blind mengirim umpan ke Arjen Robben. Robben yang bermain sangat taktis kemudian menjaringkan bola ke gawang Spanyol, 2-1.Pundi gol kemudian bertambah lewat kaki Stefan de Frij pada menit ke 64.

Spanyol sebenarnya mendapat kesempatan emas dan sukses membobol gawang Belanda. Sayang, gol tersebut dianulir karena David Silva berada dalam posisi offside. Tak lama setelahnya, justru Belanda yang menambah satu gol.

Sepuluh menit menjelang usai tertandingan, tim oranye kembali melakukan serangan balik. Akselerasi Robben  yang berlari sendirian membawa bola dari tengah lapangan, membuat Casillas makin tertunduk lesu karena gawangnya kembali jebol setelah Robben berhasil mengecoh dua bek Spanyol. Skor pun menjadi makin telak: 5-1.

Hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya laga skor akhir 5-1 tetap bertahan. Dengan kemenangan ini Belanda berhasil menempati puncak klasemen Grup B dan selanjutnya akan bertemu Australia.

Susunan Pemain:

Spanyol: Casillas; Azpilicueta, Pique, Ramos, Alba; Busquets, Alonso, Xavi (Pedro 63′); Silva (Fabregas 78′), Iniesta, Costa (Torres 63′).

Belanda: Cillessen; Janmaat, Vlaar, de Vrij (Veltman 77′), Martins Indi, Blind; de Jong, de Guzman (Wijnaldum 62′), Sneijder; Robben, van Persie

  • Bagikan