Dana Alokasi Umum Lampung Utara 2015 Turun Rp 2,2 M

  • Bagikan

Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–Besaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Lampung Utara (Lampura) pada tahun 2015 mendatang mengalami penurunan sebesar Rp.2,2 miliar jika dibandingkan dengan tahun 2014.

DAK Lampura 2014 mencapai Rp.89,3 miliar, sementara pada 2015 DAK Lampura hanya Rp.87,081 miliar.

Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampura, Desyadi,  menuturkanpenurunan jumlah DAK itu dikarenakan pemerintah pusat menganggap Kabupaten Lampura sebagai sebuah Kabupaten yang mandiri.

“Pemerintah pusat menganggap kita telah menjadi daerah yang mandiri makanya besaran DAK kita dikurangi tahun depan,” kata dia, di ruangannya, Senin (1/12).

Ia mengatakan, penurunan jumlah DAK ini pertama kali diketahui pihaknya sekitar awal bulan Oktober silam. Dimana informasi terkait penurunan itu didapat dari Direktorat Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan. “kita tahu penurunan jumlah DAK tahun 2015 itu sekitar awal Oktober lalu,” kata  dia.

Lebih jauh Desyadi mengatakan, DAK itu di antaranya terdiri dari DAK bidang kesehatan sebesar Rp.6,6 Miliar, infrastruktur sebesar Rp.8,4 Miliar, transportasi senilai Rp.17,5 Miliar, pertanian sebsar Rp.=8,2 miliar, lingkungan hidup senilai Rp1,2 miliar dan DAK tambahan bidang infrastruktur sebesar Rp9,7 miliar.

Menurut Desyadi, dari puluhan miliar DAK dimaksud, Rp.22,6 Miliar-nya dialokasikan untuk bidang pendidikan. “Rinciannya, SD mendapat 11,02 Miliar. Sementara SMP mendapat alokasi DAK sebesar Rp.6,4 Miliar. Sedangkan SMA dan SMK masing – masing mendapat alokasi sebesar Rp.4,8 Miliar dan 5,4 Miliar,” urai dia.

Selain bidang pendidikan, bidang lainnya yang menjadi penyerap DAK terbesar kedua ialah bidang transportasi dengan total dana sebesar Rp.17,53 Miliar. Dimana belasan Miliar dana itu diperuntukan untuk infrastruktur jalan, dan keselamatan jalan.

“Bidang transportasi menjadi penyerap DAK terbesar kedua setelah bidang pendidikan,” ujarnya.

  • Bagikan