Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Dana Desa di Bumi Raya Lampura Dimanfaatkan untuk Bangun Infrastruktur

Dana Desa di Bumi Raya Lampura Dimanfaatkan untuk Bangun Infrastruktur

108
BERBAGI
Pembangunan saluran drainase di Desa Bumi Raya, Abung Selatan, Lampung Utara.

Feaby |Teraslampung.com

Kotabumi — Desa Bumi Raya, Abung Selatan, Lampung Utara berusaha memanfaatkan sebaik – baiknya Alokasi Dana Desa (ADD) untuk meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur da‎n kualitas sumber daya manusia.

“Seperti tahun – tahun sebelumnya, ADD tahun ini juga diperuntukkan untuk pembangunan fisik dan nonfisik di desa kami,” kata Kepala Desa Bumi Raya, Marpian, Minggu (17/7).

‎Pembangunan fisik yang dilakukan di Desa Bumi Raya kali ini, kata Marpian, diprioritaskan untuk membangun drainase sepanjang 1.430 meter dan pembangunan gorong – gorong pelat sebanyak 20 unit. Lokasi pembangunan ini dilakukan di Dusun Tanjung Sari, Tanjung Mulyo, dan Suka Jadi.

“Konsep pembangunan yang bersumber dari ADD ini adalah memberdayakan masyarakat Desa makanya pekerjanya juga berasal dari Dusun masing – masing,” terangnya.

Sementara pembangunan non fisik‎, menurut Marpian, diprioritaskan pada operasional tenaga perlindungan masyarakat (Linmas), koordinator Dusun (Kordus) Posyandu dan guru ngaji. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang ada di Desa mereka. Operasional ini dianggap penting mengingat luas wilayah dan jumlah penduduk Desanya yang cukup luas dan banyak.

“Dengan jumlah penduduk di sini yang mencapai 3,826 jiwa atau 1.087 Kepala Keluarga dan luas mencapai 365 hektar, anggaran operasional ini sangat penting guna menunjang kinerja Kordus, Linmas dan guru ngaji dalam melayani masyarakat,” papar dia.

Marpian berharap, pada masa mendatang, besaran anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau yang dikenal dengan sebutan APBDes dapat lebih ditingkat‎kan. Ia beralasan, masih banyak program – program pembangunan baik pembangunan fisik dan non fisik di setiap Desa masih belum dapat dilakukan lantaran kemampuan anggaran.

“Ke depannya, kami berharap, besaran ADD dapat lebih ditingkatkan supaya berbagai program yang belum dilaksanakan di setiap Desa karena keterbatasan anggaran dapat terlaksana seluruhnya,” harap Wakil Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Lampung Utara ini.