Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Dana Kelurahan Tahap ke II di Bandarlampung Sudah Bisa Dicairkan

Dana Kelurahan Tahap ke II di Bandarlampung Sudah Bisa Dicairkan

145
BERBAGI
Sekda Kota Bandarlampung, Badri Tamam (Foto: Teraslampung.com/Dandy Ibrahim)

TERASLAMPUNG.COM — Dana Kelurahan Kota Bandar Lampung Tahap II sudah bisa dicairkan. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Kota Bandar Lampung.

Badri Tamam mengatakan, sebagaian kelurahan sudah mulai melakukan pencairan.

“Dana kelurahan tahap kedua sudah ada yang melakukan pencairan”. Ujarnya kepada awak media saat menghadiri acara pemasangan banner imbauan pencegahan kebakaran di Jalan Agus Salim Lamban Gunung, Kamis (26/9/2019).

Aklim Sahadi, Kabid Perbendaharaan mewakili Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bandar Lampung mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah melaksanakan pencairan dana kelurahan tahap ke II ini.

“Kemarin dana tahap kedua sudah masuk ke kita melalui transfer, jadi total keseluruhan dana kelurahan (tahap I dan II) jika di total adalah sebesar Rp.46 miliar, dana nya sudah masuk semua ke kas daerah,” katanya.

Badri mengaku saat ini pihaknya tengah melayani proses pencairan dana kelurahan tahap II. Pencairan dapat dilakukan bagi kecamatan yang memenuhi persyaratan.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan yakni, rencana anggaran belanja (RAB) penggunaan dana tahap II sebesar 50 persen atau Rp.23 miliar dan surat pertanggungjawaban (SPj) tahap I.

“Imbauan sudah kami sampaikan, saat ini beberapa kelurahan sudah melakukan pencairan, sedangkan yang lainnya tengah menjalani proses pencairan dengan menyiapkan pemberkasan di kecamatan masing-masing,” katanya.

Diketahui, Dana kelurahan merupakan Dana Alokasi Umum (DAU), Dana kelurahan tahap I sebesar Rp.23.318.694.000.000 sedangkan tahap II sebesar Rp.23,10 miliar untuk 126 kelurahan.

Dana kelurahan diperuntukkan untuk pembangunan fisik seperti, pembangunan drainase, jalan-jalan RT dan lingkungan, dana tersebut cair sebanyak Rp300 jutaan untuk per kelurahan.