Beranda Teras Berita Dana Sebesar Rp 4,6 M Tersedot untuk Program Bantuan Sepeda Motor bagi...

Dana Sebesar Rp 4,6 M Tersedot untuk Program Bantuan Sepeda Motor bagi Para Kades

186
BERBAGI

Mashuri Abdullah/Teraslampung.com

SUKADANA – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan membagikan sepeda motor kepada seluruh kepala desa. Dalam penyampaian RAPBD Perubahan 2014 dalam sidang paripurna DPRD Lampug Timur, Senin lalu (11/8), Bupati Lampung Timur Erwin Arifin mengatakan program bantuan sepeda motor untuk 267 kepala desa dan 24 sekrekaris kecamatan itu dimasukkan dalam APBD Perubahan 2014 dengan nilai mencapai Rp 4,6 miliar.

Sejak 2007 hingga saat ini para kades di Lampung Timur menggunakan inventaris motor Yamaha Vega-R sejak tahun 2007. Jika rencana anggaran ini disetujui mereka akan menggunakan motor baru untuk menunjang operasional.

Aktivis LBH Insan Madani, Maria, menilai rencana pembelian sepeda motor untuk kades dan sekcam sarat muatan politis. Pasalnya, program ini digulirkan menjelang pemilihan bupati Lampung Timur.

“Momennya sangat tidak pas. Bisa saja motor baru ini jadi semacam mahar politik, agar kades mendukung pencalonan bupati petahana (incumbent) dalam pilbub mendatang,” ujarnya.

Maria menambahkan, meski pelibatan kades dalam tim kampanye dilarang, faktanya banyak kades terlibat dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden yang lalu.

Bupati Lampung Timur Erwin Arifin diperkirakan akan mencalonkan diri dalam pilbup 2015. Selain Erwin, nama lain yang sudah muncul antara lain Yusron Amirullah, Mawardi Harirama,  dan Yulianto.

Loading...