Beranda News Pusiban Danrem Garuda Hitam Dukung Proyek Pencetakan Sawah

Danrem Garuda Hitam Dukung Proyek Pencetakan Sawah

389
BERBAGI
Rakor Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Konstruksi Cetak Sawah.

TERASLAMPUNG.COM — Komandan Korem 043/Garuda Hitam Kolonel Inf Hadi Basuki mendukung upaya Pemprov Lampung meningkatkan produksi pahan dengan program pencetakan sawah. Hal itu diungkapkan Danrem di sela-sela acara rapat koordinasi percepatan pelaksanaan konstruksi cetak sawah bersama Dinas Pertanian Provinsi Lampung, di Kantor Dinas Pertanian Lampung, Selasa (6/6/2017).

Danrem mengatakan, sebagai pihak yang dipercaya pemerintah turut pengawal program ketahanan pangan nasional, TNI siap mendukung upaya meningkatkan produktivitas hasil pangan.

Menurut Danrem, saat ini upaya Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk meningkatkan produktivitas pangan nasional belum dapat dicapai.

“Penyebabnya antara lain keterbatasan lahan pertanian, bencana alam, dan perubahan iklim atau pemanasan global yang berkepanjangan,” katanya.

Lanjut Danrem, dengan berbagai langkah teknis yang harus dilakukan termasuk Korem 043/Gatam, bersatu padu untuk meningkatkan ketahanan pangan diseluruh wilayah tanah air khususnya di wilayah Prov. Lampung.

“Bagi Kami, tugas ini sangat mungkin dilakukan, mengingat Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 Pasal 7 ayat (2) butir b operasi militer selain perang Sub butir 9, yakni membantu tugas pemerintahan di daerah” melalui fungsi utama teritorial,” kata Danrem.

Menurut Danrem, hal itu juga sejalan dengan Pasal 8 Point d tugas TNI AD: “Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat”, terutama yang terkait dengan penyiapan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah.

Rakor ini dihadiri oleh Direktur perluasan dan perlindungan lahan kementrian pertanian RI, Kol Czi Manofarianto Tim percepatan dari Mabesad, Kepala Dinas Pertanian Lampung Edi yanto, Kasiter Rem 043/Gatam, Para Dandim dan Kepala Dinas Pertanian Kab/Kota.

Loading...