Data Masuk 100 Persen, Eva-Deddy Unggul 58,96 Persen di Pilkada Bandarlampung

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Berdasarkan hasil hitung cepat Rakata Institute, pasangan calon Walikota-Wakil Walikota dalam Pilkada Bandarlampung 2020, Eva Dwiana-Deddy Amarullah unggul 58,96 dibanding dua paslon lainnya.

Pasangan Ryco Menoza-Johan Sulaiman menurut Rakata Institute meraih 21,36 persen suara, sedangkan pasangan Yusuf Kohar-Tulus Purnomo meraup 19,68 persen.

Rakata melakukan hitung cepat berdasarkan hasil penghitungan di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Dari 1.021 TPS di Bandarlampung, Rakata memilih 94 TPS sebagai sampel.

“Diperkirakan toleransi kesalahan (margin of error) pada quick count ini secara total +/- 2,5% pada tingkat kepercayaan (confidence level) 99%. Artinya perolehan hasil suara dari calon kandidat pada Quick Count ini bisa bergeser ke atas atau bergeser ke bawah sebesar 2,5 %.,” kata kata Yuli Harmoko, Direktur Eksekutif Rakata Institute, Rabu petang (9/12/2020).

Berdasarkan hasil penghitungan di TPS yang menjadi sampel, kata Harmoko, secara statistik pasangan Eva Dwiana-Deddy Amarullah unggul signifikan atas dua pasangan lainnya.

“Dengan demikian, pasangan Eva-Deddy diprediksi akan memenangi Pilkada Bandarlampung 2020,” katanya.

Yuli Harmoko menyampaikan disklaimer bahwa hasil quick count Rakata Institute ini bukan hasil resmi Pilkada Bandarlampung.

“Untuk keputusan hasil perolehan suara atau pemenang Pilkada Bandarlampung masih harus menunggu ketetapan resmi dari KPU Kota Bandarlampung pada 1-2 minggu ke depan,” katanya.

Loading...
  • Bagikan