Beranda Teras Berita ‘Real Count’ Pilgub Lampung: Herman HN-Zaenudin Hasan Masih Unggul

‘Real Count’ Pilgub Lampung: Herman HN-Zaenudin Hasan Masih Unggul

248
BERBAGI

Ada upaya sistematis untuk membangun opini publik guna memenangkan cagub-cawagub tertentu





Siti Qodratin Aulia, Mas Alina Arifin/Teraslampung.com

Bandarlampung–Hasil hitung cepat Pilgub Lampung, Rabu (9/4), oleh beberapa lembaga survei yang memenangkan pasangan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (Ridho Berbakti) mendapatkan perhatian serius dari tim pemenangan cagub Herman H.N.-Zaenudin Hasan (MANZADA).

Tim MANZADA yang melakukan tabulasi hasil penghitungan suara di semua TPS di Lampung,  menyesalkan adanya pembentukan opini publik bahwa seolah-olah Ridho Berbhakti menang satu putaran dengan perolehan suara di atas 40 persen.

 “Kami melihat ada upaya sistematis untuk membangun opini publik guna memenanngkan cagub-cawagub tertentu. Pembangunan opini publik itu bisa menyesatkan dan pada praktiknya sangat janggal,” kata Aryanto, Direktur Eksekutif Pusat Studi dan Strategi Kebijakan (Pussbik), yang juga  ketua tim tabulasi data tim Manzada, Kamis (10/4).

Menurut Aryanto, indikasi pembangunan opini publik tidak hanya dilakukan di media lokal, tetapi juga di media nasonal dengan data yang masih patur dipertanyakan.

Hasil ekspose hitung cepat yang memenangkan pasangan Ridho-Bachtiar dilakukan pada Rabu sore (9/4/2014), kata Aryanto, layak dipertanyakan motifnya. Sebab, penghitungan  suara Pilgub menurut aturan KPU dilakukan setelah penghitungan suara DPR RI, DPD, DPRD I, dan DPRD Kabupaten/Kota. Di banyak TPS bahkan penghitungan suara baru selesai tengah malam,” kata Aryanto.

“Bagaimana mungkin bisa mendapatkan data, meskipun hanya sampel, dan menyampaikannya ke publik secepat itu kalau penghitungan suara untuk Pilgub di TPS-TPS dilakukan pada malam hari? Rata-rata KPPS baru selesai menghitung surat suara Pilgub di TPS-TPS pada pukul 23.00  WIB, ” Aryanto menambahkan.

Aryanto mengatakan tim Manzada melakukan penghitungan di semua TPS di seluruh desa di Lampung (real count). “Jadi, data kami merukan data riil, bukan hanya berdasarkan sampel TPS,” kata dia.

Data yang masuk ke pusat data Tim Manzada pada Kamis (10/4) pukul 01.15 WIB berdasarkan Lembar C1  sebanyak 262.159 suara sah dari 263 desa (total keseluruhan 2.689 desa). Perolehan suaranya adalah: Berlian Tihang-Mukhlis Basri (BerlianMu) 13 %, Ridho Berbakti 38%, Manzada  42 %, dan Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim (AMAN) 4,7%.

Pada Kamis (10/4) pukul 03.35 WIB data yang masuk bertambah sehingga menjadi 412.311 suara dari 349 desa. Perolahan suaranya adalah: BerlianMu 14 %,  Ridho Berbakti  36 %, Manzada  44%, sementara AMAN   6 %.

“Data itu akan kami update terus sampai tuntas,”kata Aryanto.


Aryanto menandaskan pihaknya sengaja melakukan input data lapangan di semua TPS dan semua desa (pekon)/kelurahan di Lampung agar mendapatkan hasil yang benar-benar faktual. Hal itu juga dilakukan untuk mencegah praktik kecurangan yang mungkin terjadi pada saat penghitungan di tingkah lebih tinggi (PPK maupun KPUD).

Loading...