Debat Capres-Cawapres: Saling Klaim Menang

  • Bagikan

R. Usman/Teraslampung.com

JAKARTA—Debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo-Hatta dan Joko Widodo- Jusuf Kalla di Balai Sarbini dan ditayang secara live oleh seluruh media televisi, Senin (9/6) malam,

Kedua kubu capres-cawapres mengklaim memenangkan perdebatan ini. Sementara pengamat menilai debat semalam amat dinamis dan memuaskan. 

Seperti juga diakui Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Hatta Mahfud MD. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengaku cukup puas dengan acara Debat Kandidat Calon Presiden-Calon Wakil Presiden tersebut.

Mahfud menyebut Prabowo-Hatta tampil baik dan mampu mengungguli penampilan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. “Secara keseluruhan kami menang. 1-0,” kata Mahfud di Balai Sarbini, Jakarta, Senin malam (9/6).

Sementara pengamat politik Burhanuddin saat dialog pagi di Metro TV mendukung rekannya yang juga narasumber, bahwa Jokowi-JK lebih unggul dibanding Prabowo-Hatta. “Kalau Prabowo tampil dengan oratornya, sementara Jokowi sebalikunya. Prabowo tampil dengan diksi-diksi besar, sedangkan Jokowi dengan percaya diri,” kata Burhanudin.

Disinggung pertanyaan soal pelanggaran HM oleh cawapres Jusuf Kalla, Calon presiden Prabowo Subianto mengatakan, sudah menengatuhi arah pertanyaan.

“Tidak apa-apa, Tiadak apa-apa. Ya saya harus siap diserang,” kata Prabowo. Lebih jauh mantan Danjen Kopassus ini, meminta JK untuk menanyakan kepada atasannya saat itu.

Prabowo juga mengatakan, sejak dulu dia adalah abdi negara. Apa yang dia laksanakan pada era terdahulu pun menurut dia merupakan bagian dari upayanya melindungi rakyat Indonesia.

Debat kandidat digelar Komisi Pemilihan Umum sebagai salah satu tahapan dalam pilpres. Pada debat pertama ini, topik yang akan diangkat adalah “Pembangunan demokrasi, pemerintahan yang bersih, dan kepastian hukum”. (*)

  • Bagikan