Beranda News Pilpres 2019 Debat Pilpres, Eep Saefulloh Nilai Penampilan Jokowi dan Prabowo Buruk

Debat Pilpres, Eep Saefulloh Nilai Penampilan Jokowi dan Prabowo Buruk

354
BERBAGI
ep Saefulloh Fatah. TEMPO/Panca Syurkani

TERASLAMPUNG.COM — Konsultan Politik, Eep Saefulloh Fatah, mengatakan kecewa dengan kualitas debat Pilpres pada Kamis, 17 Januari 2019. Menurut dia, tak ada yang menarik dari debat kemarin malam. Padahal, itu menjadi laga kedua bagi Joko Widodo atau Jokowi dengan Prabowo Subianto.

Ia mengharapkan ada banyak hal substansif yang dibicarakan secara mendalam dalam debat semalam. Ia membayangkan terjadi lalu lintas argumen yang cerdas dan tajam, menyangkut banyak isu, serta muncul pertanyaan-pertanyaan yang tajam dan menukik tentang isu-isu mutakhir. “Nyatanya tidak,” ujar Eep dalam keterangan tertulisnya, Jumat 18 Januari 2019.

Secara keseluruhan, Eep menilai debat putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017, di mana ia menjadi konsultan politik Untuk Anies Baswedan-Sandiaga Uno, jauh lebih berkualitas. Ia mengatakan debat capres kemarin tak terasa presidensial, istilah Eep, panggung yang terlalu besar, untuk debat yang terlampau kecil.

Selain itu Eep juga mengatakan kecewa dengan kedua pasangan calon yang tidak melontarkan apresiasi kepada lawannya. Jokowi bahkan kelebihan waktu banyak dan tidak digunakan untuk mengapresiasi Prabowo-Sandiaga. Sebaliknya, Prabowo menghabiskan waktu dengan pernyataan tertutup yang tidak tajam dan cenderung mengulang, tanpa memberi porsi sama sekali untuk mengapresiasi Jokowi-Ma’ruf.

“Mereka tak menunjukkan kebesaran hati untuk saling mengapresiasi. Seharusnya mereka tunjukkan bahwa Pilpres bukan perang tapi kompetisi demokratis yang sehat,” ucap dia.

Tempo.co

Loading...