Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Dekranasda Lamsel Tampilkan Kerajinan Lokal di Inacraft 2019 Di Jakarta

Dekranasda Lamsel Tampilkan Kerajinan Lokal di Inacraft 2019 Di Jakarta

210
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung Selatan menampilkan berbagai produk unggulan hasil kreasi pengrajin lokal dalam pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), 24-26 April 2019.

Pada acara yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu, Ketua Dekranasda Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto mengatakan keikutsertaan Lampung Selatan dalam ajang tersebut  sebagai upaya  promosi produk-produk lokal yang ada di daerah.

“Sehingga produk Lamsel lebih dikenal publik dan bisa go internasional.  Dengan membawa batik tenun Inuh sebagai ciri khas Lampung Selatan, mudah-mudahan dapat menjadi daya tarik dan ramai dikunjungi oleh pembeli dari dalam maupun luar negeri,” ujar Winarni ditemui di stand Dekranasda kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, di JCC.

Menurut Winarni produk yang ditampilan Dekranasda Lampung Selatan dalam pameran tersebut berupa produk kreatif bidang fashion dan kain tenun, seperti kain inuh, aksesoris perpaduan kain tapis dan manik-manik, sandar tapis, sepatu tapis, hingga tukkus.

Produk-produk yang dipamerkan tersebut katanya, merupakan kreatifitas pengrajin-pengrajin lokal yang ada di Lampung Selatan.

“Fokus orientasi kami adalah untuk terus mempromosikan produk-produk unggulan Lampung Selatan yang variatif, inovatif, dan fungsional. Tanpa meninggalkan sisi edukatif dan tetap memperhatikan trend yang berkembang di masyarakat serta memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global,” katanya.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo saat mengunjungi stan Dekranasda Lampung Selatan di Inacraft 2019 di Jakarta.

Sementara, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo yang hadir meninjau stand Dekranasda Lampung Selatan berharap, selain bisa dikenal luas publik, kreatifitas para pengrajin di Lampung dapat meningkatkan perekonomian pelaku usaha kerajinan tangan di daeranya.

“Kami berharap keikutsertaan Dekranasda melalui Inacraft ini, dapat berdampak positif bagi para pengrajin dan pelaku usaha mikro kecil menengah,” kata istri Gubernur Lampung itu.

Sedangkan, usai membuka acara itu, Presiden RI Jokowi beserta ibu negara Iriana nampak berkeliling menghampiri beberapa stand dan membeli sejumlah barang.

Jokowi mengatakan, setiap datang ke Inacraft, ia melihat pameran produk kerajinan tangan tersebut naik kelas dari tahun ke tahun. Menurutnta, kualitas produk-produknya pun semakin baik.

“Inilah yang kita inginkan, agar produk-produk kerajinan Indonesia terus naik kelas, kualitas dan kapasitas produksinya juga naik. Begitu juga daya saing dan pamornya, utamanya naik untuk kualitas ekspornya,” kata Jokowi.

Loading...