Beranda News Kesehatan Demam Berdarah di Lampura: Januari-Juli 419 Kasus, Satu Pasien Meninggal

Demam Berdarah di Lampura: Januari-Juli 419 Kasus, Satu Pasien Meninggal

27
BERBAGI
Ilustrrasi

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Total penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Lampung Utara sejak Januari hingga Juli tahun 2016 ini mencapai  419 orang.

“Dari ke-419 korban DBD itu, satu di antaranya meninggal dunia pada bulan Februari silam,” kata Kasie Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan, M. Yusuf, di kantornya, Selasa (26/7/2016).

M. Yusu‎f menuturkan, ke-419 penderita DBD itu berasal dari daerah yang dikenal endemis (penyakit yang telah lama ada di daerah tersebut) atau rawan DBD. Daerah endemis DBD di Lampung Utara itu di antaranya Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Selatan, Kotabumi Utara, Kotabumi selatan, Abung Selatan, Bukit Kemuning, dan Bunga Mayang.

‎Ia juga mengatakan, pencegahan terbaik untuk mengatasi perkembangan penyakit yang belum ada obatnya hingga kini tersebut ialah dengan melakukan 3M yakni menutup, mengubur, dan menguras tempat – tempat yang dapat menampung air. Sebab, nyamuk pembawa virus DBD berkembang biak di tempat penampungan air.

“Lakukan 3M untuk mencegah penyakit DBD. Selain itu, segera bawa keluarga kita berobat jika panas badannya lebih dari tiga hari,” imbau dia.