Beranda News Nasional Demo May Day Diwarnai Pembakaran Bunga untuk Ahok di Balai Kota

Demo May Day Diwarnai Pembakaran Bunga untuk Ahok di Balai Kota

119
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Tindakan barkar mewarnai aksi unjuk rasa ribuan buruh dalam rangka May Day di depan Balai Kota Jakarta, Senin (1 Mei 2017). Tidak hanya berorasi, para buruh juga membakar karangan bunga yang dikirimkan masyarakat untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Dilaporkan liputan6.com. barbarisme itu terjadi tepat di depan Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 12.50 WIB.

Pembakran bunga papan terjadi setelah salah seorang buruh melalui pengeras suara memprovokasi buruh lainnya untuk membakar karangan bunga yang berjajar di trotoar Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Kita bersihkan Balai Kota dari sampah-sampah karangan bunga Ahok. Kalau bukan kita yang bersihkan, siapa lagi? Satpol PP dari kemarin enggak ngapa-ngapain,” kata orator tersebut melalui pengeras suara.

Salah satu peserta aksi lalu mengambil satu karangan bunga dan membakarnya. Api yang kecil semakin besar kala beberapa karangan bunga ditarik ke jalanan dan ikut dibakar.

Saat belum selesai membakar bunga, hujan turun. Papan bunga pun dipakai orang-orang yang mengaku buruh untuk menutupi kepala mereka.Petugas Satpol PP yang tidak jauh dari lokasi kejadian langsung berlari dengan membawa air. Mereka langsung menyiram air ke api yang kian membesar.

Api seketika dapat dipadamkan. Namun buruh yang di dekat lokasi pembakaran marah karena asap yang mengepul mengarah ke mereka.

Tidak hanya memerintahkan kawan-kawannya membakar bunga, orator juga menantang agar dirinya ditangkap.

“Saya bertanggungjawab. Tangkap saya kalau berani. Kami yang melakukan ini,” jelas orator yang berada di mobil komando.
“Sampah-sampah ini harus segera dibersihkan. Bukan dibiarkan berhari-hari. Mana satpol PP? Kenapa tidak dibersihkan?”