Beranda News Kabar Desa Desa Negla Sari Manfaatkan ADD untuk Bangun Jalan Lapen dan Siring

Desa Negla Sari Manfaatkan ADD untuk Bangun Jalan Lapen dan Siring

385
BERBAGI
Jalan lapen di Desa Negla Sari.

‎Feaby|Teraslampung.com

Abung Tengah–Menyikapi keinginan warganya, aparatur Desa Negla Sari, Abung Tengah, Lampung Utara mulai melakukan perbaikan jalan lingkungan yang telah lama tak tersentuh pembangunan. Kini, proses pembangunan jalan lapisan penetrasi (Lapen) ini telah mencapai sekitar 70 persen.

“Jalan penghubung Dusun 2 dan 5 sudah rusak parah,makanya mereka minta segera diperbaiki. Usulan ini disampaikan dalam Rapat Dusun dan Desa‎, tahun lalu,” urai Kepala Desa Negla Sari, Abdul Kodir, Minggu (31/7/2016).

Abdul Kodir menuturkan, selain membangun jalan Lapen sepanjang 700 meter dengan lebar sekitar 3 meter, pihaknya juga membangun saluran drainase (siring pasang) dengan tipe 50 di Dusun 1 dan Dusun 3. Total siring pasang yang dibangun mencapai panjang 728 meter.

“Siring pasang ini dibangun karena siring tradisional yang dibuat warga tak mampu menampung debit air saat hujan. Akibatnya, air meluap ke jalan sehingga jalan menjadi licin dan berbahaya bagi pengguna jalan,” tuturnya.

Meski ‎pembangunan jalan dan siring pasang yang mereka lakukan baru mencapai sekitar 70 persen, Abdul Kodir mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar pengerjaan kedua kegiatan ini dapat segera terselesaikan. Mengingat kedua kegiatan ini khususnya jalan sangat diperlukan oleh masyarakat dalam beraktivitas.

“Secepatnya, akan kami upayakan selesai karena jalan ini menjadi urat nadi utama perekonomian warga di sini,” katanya.

Kepala Desa Negla Sari, Abdul Kodir, menunjukkan siring pasang baru saja dibangun di desanya.
Kepala Desa Negla Sari, Abdul Kodir, menunjukkan siring pasang baru saja dibangun di desanya.

Abdul Kodir ‎juga mengatakan, keseluruh pekerja yang terlibat dalam pengerjaan kedua kegiatan yang menggunakan ADD ini berasal dari warga Desanya. Apa yang dilakukannya ini hanya mengacu konsep penggunaan ADD yang ingin memberdayakan warga sekitar pengguna ADD.

“Semua pekerja dari warga sini sesuai dengan konsep ADD yang harus ‎memberdayakan warga sekitar,” imbuhnya.

Loading...