Beranda Teras Berita Dewan Kesenian Metro Gelar Workshop Fotografi

Dewan Kesenian Metro Gelar Workshop Fotografi

234
BERBAGI
Simon Abdurrahman sedang memberikan materi tentang dasar-dasar fotografi pada acara Workhop Fotografi yang digelar Dewan Kesenian Metro (DKM) di Aula Dinas Pendidikan Metro, Sabtu, 23 Agustus 2014. (Foto: Fajar Eri Setiawan)

METRO, Teraslampung.com—Dewan Kesenian Metro (DKM) menggelar workshop fotografi di Aula Dinas Pendidikan Kota Metro, Sabtu—Minggu (23-24/8). Workshop yang diikuti 20-an peserta itu menghadirkan Simon Abdurrahman dan Budi S. Saputra sebagai mentor. Pada pertemuan hari pertama diisi dengan pembekalan teori tentang filsafat seni (estetika) oleh Oyos Saroso HN dan dasar-dasar fotografi oleh Simon Abdurrahman.

“Hari kedua, peserta akan langsung praktik lapangan di Taman Kota Metro. Di sana mereka nantinya dipersilakan bebas memilih objek fotonya masing-masing. Setelah itu, karya peserta akan dibahas satu per satu oleh mentor,” kata Simon, Sabtu (23/8).

Ketua DKM, Rifian Al Chepy, mengatakan seusai workshop diharapkan bisa terbentuk perkumpulan atau asosiasi fotografer Kota Metro. Selain sebagai ajang silaturahmi, kata Chepy, organisasi itu nantinya diharapkan juga sebagai tempat belajar bersama tentang fotografi.

“Banyak peristiwa penting dan menarik di Kota Metro sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Melalui workshop ini diharapkan para peserta fotografi di Metro wawasannya menjadi lebih terbuka. Selain menguasai dasar-dasar fotografi, diharapkan mereka juga bisa menciptakan karya foto yang bisa bercerita dan bernilai seni,” kata dia.

Chepy mengaku, meskipun jumlah peserta tidak banyak tetapi pihaknya bersyukur karena semua peserta antusias mengikuti workshop. “Peserta berasal dari berbagai latar belakang. Ada pelajar SMA, pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB), mahasiswa, guru, PNS di Pemkot Metro, wartawan, dan warga biasa yang memang ingin mengembangkan keterampilan fotografi untuk bisa meningkatkan kinerja bisnisnya,” kata Chepy.

Fajar Eri Setiawan, peserta yang sehari-hari bekerja di Setda Pemkot Metro, mengaku termotivasi untuk meningkan keterampilan di bidang fotografi setelah mengikuti workshop. “Tadinya saya sekadar hobi motret. Sekarang saya makin percaya diri,” katanya.

Loading...