Dewan Pers, ANTARA, dan AJI Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, Bandarlampung — Dewan Pers bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Jurnalistik (LPJA) ANTARA dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar pra- Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang digelar melalui zoom meeting, Selasa, (31/5/2022).

Pelaksanaan pra-UKW ini diikuti oleh 54 jurnalis dari berbagai media yang ada di Provinsi Lampung dan luar Lampung.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dewan Pers di Provinsi Lampung ini dibuka oleh Ketua Dewan Pers Azyumardi Azzra, dan diisi oleh pemateri seperti Arif Zulkifli (anggota Dewan Pers), Maria Dian Andriana (Lembaga Uji ANTARA), dan Jajang Jamaludin dari Lembaga Uji AJI Indonesia.

Pemateri pertama Arif Zulkifli,menjelaskan tentang kode etik jurnalistik dan hukum pers; Maria Dian Andriana memberikan materi tentang standar kompetensi wartawan dan bahasa jurnalistik, dan Jajang Jamaludin menyampaikan materi  tentang teknik wawancara dan penulisan berita seperti (straight news, feature, dan tajuk)

Semua perserta wajib mengikuti ketiga materi tersebut dan mengikuti post tes dengan waktu 10 menit yang diberikan oleh panitia penyelenggara.

Salah satu perserta pra- UKW Yogi Muzzakka dari media Sumselnews.com mengatakan , kegiatan ini sangat bagus dan baik, karena dapat meningkatkan kompetensi wartawan.

“Sangat bagus sekali dan positif, karena bisa meningkatkan dari jurnalis,” katanya

Cut Habibi dari media Haluan Lampung mengatakan, kegiatan pra-UKW ini dapat menambah pengetahuan dan ilmu sebelum melaksanakan UKW.

“Penambahan ilmu dan pengetahuan sebelum UKW. Dengan ini bisa mendapatkan kisi-kisi sebelum pelaksanaan UKW,” jelasnya.