Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Di Lampung Utara, Ada Surat Suara Sudah Dicoblos Sebelum Waktu Pencoblosan Dimulai

Di Lampung Utara, Ada Surat Suara Sudah Dicoblos Sebelum Waktu Pencoblosan Dimulai

2329
BERBAGI
Petugas PPS menunjukkan surat suara pilpres yang sudah dalam kondisi dicoblos sebelum saat pencoblosan dimulai,

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Pemilu 2019 di Lampung Utara diwarnai adanya dua temuan surat suara sudah dicoblos sebelum saat pencolosan dimulau. Temuan dii ‎dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) berbeda – beda itu tidak memengaruhi jalannya pemungutan suara.

Kedua TPS itu, yakni TPS 96 Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan dan TPS 100 Kelurahan Kotabumi Ilir, Kecamatan Kotabumi.

Pada TPS 96 Tanjungharapan, satu surat suara calon presiden yang diduga telah dicoblos ialah untuk pasangan calon nomor urut 01. Di TPS 100, surat suara yang disinyalir telah dicoblos ialah untuk pasangan nomor urut 01.

“Saat saya buka surat suara dan mau nyoblos, saya lihat kertas surat suara calon presiden nomor 01 sudah dicoblos, ya saya kembalikan sama panitia dan diganti,” kata Santo, warga Kotabumi Ilir, Kecamatan Kotabumi kepada ‎wartawan.‎

Menyikapi temuan tersebut, anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Kotabumi Selatan, Selvia langsung menyarankan untuk mengganti kertas surat suara dikeluhkan itu. Dengan demikian, pemilih dapat menggunakan hak pilihnya.

“Pada kertas surat suara calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, saat pemilih menuju bilik dan membuka kertas suara ditemukan ini (kertas sudah tercoblos), pemilih kembali lagi kepada panitia dan Ketua KPPS menanyakan kepada saya, dan saya sarankan untuk diganti,” jelasnya.

Loading...