Beranda News Di Sigi, Mendes Marwan Gelorakan Semangat Kemandirian Desa

Di Sigi, Mendes Marwan Gelorakan Semangat Kemandirian Desa

85
BERBAGI
Menteri Desa PDTT Marwan Jafar di Sigi

TERASLAMPUNG.COM–Membuka pameran potensi desa, di Desa Padende, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (21/5). Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan semangat kepada ratusan kepala desa yang hadir untuk mengembangkan potensi desa dan menjadi Desa Mandiri.

“Bahwa potensi desa adalah sebuah harapan untuk kemandirian desa kita, hari ini adalah hari bersejarah bagi desa Pardende, karena desa Pardende menjadi tuan rumah pameran potensi desa yang pertama kali diselenggarakan di tahun 2016,” ujar Menteri Marwan dalam sambutannya.

Menteri Marwan menambahkan, pameran potensi desa ini secara terus menerus akan kita lakukan dari waktu ke waktu. “Pada tahun 2015 kemarin kita sudah selenggarakan pameran potensi desa di beberapa daerah. Sekarang, kita mulai pameran potensi desa dari Sulawesi Tengah dan Kabupateb Sigi sebagai tuan rumah,” tandasnya.

Menteri Marwan menegaskan, Pameran Potensi Desa Se-Provinsi Sulawesi Tengah ini, harus bisa  mendorong percepatan pembangunan desa, pencapaian kemandirian, pendapatan desa dan daya saing desa.

“Saya berharap pameran ini dapat memberi manfaat dalam membantu pemerintah daerah dan desa dalam menggali potensi lokal dan mempromosikan produk lokal yang mempunyai daya saing,” tandasnya.

Selain itu, Pameran potensi desa juga bisa menjadi sarana bertukar informasi bagi desa dan pemerintah daerah dalam pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.

“Momentum ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin kemitraan antara masyarakat, produsen, pengusaha Kecil, menengah, besar, dan pemerintah,” tutupnya.

Selain itu, Pameran Potensi Desa Se-Sulawesi Tengah, imbuh Menteri Marwan bisa menumbuhkan inovasi dalam pengembangan potensi desa dan usaha ekonomi masyarakat desa.

“Penguatan kapabilitas masyarakat desa dalam penerapan teknologi tepat guna juga penting dalam pengembangan potensi desa,” tutupnya.

Sebagai informasi, jumlah desa se Sulawesi Tengah berjumlah 1300 desa, desa di Kabupaten Sigi 176 desa, pada tahun 2015, Kabupaten Sigi memperoleh Dana Desa kurang lebih 214 Milyar. Hingga saat ini, Kabupaten Sigi kuranf lebih telah berhasil membentuk 60 BUMDes untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat lokal.