Beranda Hukum Kriminal Di Way Kanan, Dua Tersangka Begal Dibekuk Polisi saat Pesta Miras

Di Way Kanan, Dua Tersangka Begal Dibekuk Polisi saat Pesta Miras

434
BERBAGI
Dua pelaku begal, KW (21) dan WOS (16), warga Kampung Tanjung Serupa, Kecamatan Pakuan Ratu, Way kanan yang diamankan tim gabungan Polsek Pakuan Ratu dan Tekab 308 Polres Way Kanan bersama tiga unit sepeda motor. (foto: Humas Polres Way Kanan)
Dua pelaku begal, KW (21) dan WOS (16), warga Kampung Tanjung Serupa, Kecamatan Pakuan Ratu, Way kanan yang diamankan tim gabungan Polsek Pakuan Ratu dan Tekab 308 Polres Way Kanan bersama tiga unit sepeda motor. (foto: Humas Polres Way Kanan)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

WAY KANAN — Tim gabungan Polsek Pakuan Ratu dan Tekab 308 Polres Way Kanan, meringkus dua pelaku begal berinisial KW (21) dan WOS (16), warga Kampung Tanjung Serupa, Kecamatan Pakuan Ratu, Way kanan, Rabu 22 Agustus 2018 sekitar pukul 23.00 WIB. Polisi menangkap kedua tersangka begal tersebut, saat keduanya tengah asyik pesta minuman keras (miras) sembari berjoget di rumah salah satu warga.

Kasat Reskrim Polres Way Kanan, AKP Yuda Wiranegara mengatakan, tersangka KW dan WOS, merupakan pelaku pembegalan terhadap korban seorang pelajar bernama Aldi (12). Dalam aksinya itu, tersangka berhasil menggasak sepeda motor Honda Revo Fit warna hitam BE 4638 WN milik korban setelah korban diancam oleh tersangka.

“Aksi pembegalan itu, terjadi di jembatan bolong Kampung Sukabumi, Kecamatan Pakuan Ratu, pada kamis 15 Agustus 2018 lalu sekitar pukul 13.00 WIB saat korban sedang dalam perjalan dari pulang sekolah,”ujarnya Kamis 23 Agustus 2018.

Modusnya, kata AKP Yuda Wira Negara, tersangka KW dan WOS yang berboncengan sepeda motor membuntuti korban dari arah belakang. Pada saat berada di jalan yang kondisinya sepi, tersangka menyalip sepeda motor yang dikendarai korban dan langsung menghadangnya.

“Tersangka mengancam korban dengan senjata tajam untuk menyerahkan sepeda motornya, karena tak berdaya dan ketakutan korban menyerahkan sepeda motornya,”ungkapnya.

AKP Yuda Wira Negara mengutarakan, berdasarkan laporan korban, dilakukan penyelidikan dengan pengumpulan keterangan saksi korban dan warga sekitar. Hasil penyelidikan, didapati identitas dan ciri-ciri dari pelaku pembegalan tersebut. Pada Rabu malam 22 Agustus 2018 lalu, petugas mendapat informasi dari warga mengenai keberadaan pelaku berada di salah satu rumah warga di Kampung Tanjung Serupa, Kecamatan Pakuan Ratu.

“Malam itu sekira pukul 23.30 WIB, petugas Polsek Pakuan Ratu diback-up tim Tekab 308 Polres Way kanan langsung memburu pelaku dan mendapati pelaku KW dan WOS yang tengah asyik menenggak miras sembari berjoget musik remix. Saat itu juga, petugas langsung menangkap kedua pelaku tanpa melakukan perlawanan,”terangnya.

Dari penangkapan kedua pelaku, petugas menyita barang bukti sepeda motor Suzuki Titan BE 8105 WI, sepeda motor Yamaha Vega ZR warna hitam tanpa plat nomor dan Honda Supra Fit warna hitam tanpa plat nomor diduga dari hasil curian.

“Kedua tersangka dan barang bukti tiga unit sepeda motor yang disita, dibawa dan diamankan ke Mapolsek Pakuan Ratu guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut,”pungkasnya.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, dengan ancaman hukuman pidana penjara 9 tahun.