Dialokasikan Rp5,5 M, Anggaran Pilwabup Lampura Diduga Hanya Dompleng Anggaran DPRD

Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, menandatangani surat pengesahan peraturan Tatib Pilwabup Lampung Utara, Rabu (22/9/2021).
Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, menandatangani surat pengesahan peraturan Tatib Pilwabup Lampung Utara, Rabu (22/9/2021).
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Meskipun disebut – sebut telah dialokasikan sebesar Rp5,5 miliar, namun mata anggaran khusus untuk Pemilihan Wakil Bupati Lampung Utara sepertinya tak pernah ada. Anggaran Pilwabup diduga hanya ‘mendompleng’ pada anggaran kegiatan DPRD Lampung Utara.

“Diplot anggaran Rp5,5 M itu dia kan nempel di kegiatan DPRD. Bukan khusus untuk Pilwabup,” kata Kepala Bagian Hukum Sekretariat DPRD Lampung Utara, Syahrullah, Selasa (28/12/2021).

Menurut Syahrullah, anggaran untuk Pilwabup itu ‎sejatinya sama dengan anggaran untuk kegiatan DPRD Lampung Utara seperti kegiatan hukum dan kegiatan pembentukan peraturan daerah. Sama sekali tak ada mata anggaran khusus yang dialokasikan untuk pelaksanaan Pilwabup.

“Tapi, sebenarnya memakai kegiatan kita‎. Kegiatan hukum dan pembentukan peraturan daerah,” jelasnya.

Meski tak memiliki mata anggaran khusus, namun Syahrullah mengatakan bahwa setiap kegiatan yang dilaksanakan yang berkaitan dengan Pilwabup akan dihitung sebagai kegiatan Pilwabup. Kegiatan Pilwabup yang telah dilaksanakan itu ialah pembentukan Peraturan Tata Tertib DPRD Lampung Utara tentang Pilwabup Lampung Utara belum lama ini.

Selama proses pembentukan peraturan tersebut, pihak anggota legislatif melakukan pelbagai kunjungan kerja baik di dalam maupun di luar daerah. Tujuannya, supaya produk yang dihasilkan akan benar – benar sesuai dengan harapan. Sebab, peraturan tata tertib ini merupakan pondasi dalam penyelengaraan Pilwabup mendatang.

“Kunjungan kerja seperti ke Kementerian Dalam Negeri, dan ke daerah yang pernah menyelenggarakan Pilwabup,” terangnya.

Sebelumnya, Pemkab Lampung Utara mengklaim telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp5,5 miliar untuk Pilwabup Lampung Utara. Anggaran itu masuk ke dalam anggaran DPRD Lampung Utara tahun 2021. Dalam perjalanannya, usai pengesahan Peraturan Tata Tertib DPRD tentang Pilwabup dan pembentukan Panitia Pilwabup, proses Pilwabup seakan berjalan di tempat.

Sampai saat ini, prosesnya masih mandek lantaran belum ada dua nama cawabup yang disampaikan oleh bupati‎ ke DPRD Lampung Utara. Akibatnya, belum dapat dipastikan kapan Pilwabup ‎dapat terlaksana.