Dian Wahyu Kusuma Nakhodai AJI Bandarlampung 2022-2025

Dian Wahyu Kusuma (kiri) dan Yoga Nugroho usai terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Bandarlampung, Sabtu (16/7/2022).
Dian Wahyu Kusuma (kiri) dan Yoga Nugroho usai terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Bandarlampung, Sabtu (16/7/2022).
Bagikan/Suka/Tweet:

Dian Wahyu Kusuma Nahkodai AJI Bandar Lampung 2022-2025

BANDARLAMPUNG-Dian Wahyu Kusuma, terpilih menahkodai sebagai Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung dalam Konferensi Kota (Konferkot) IX AJI Bandarlampung yang berlangsung di Aula PKBI Lampung Jalan Abdi Negara 1, Kelurahan Gulak-Galik,Telukbetung Utara, Bandarlampung, Sabtu (16/7/2022) petang.

Dian Wahyu Kusuma, jurnalis Lampung Post (Lampost)-Yoga Nugroho, jurnalis konsentris.id, terpilih secara aklamasi peserta Konferensi Kota (Konferta) ke-IX AJI Bandar Lampung untuk menahkodai Ketua dan Sekretaris AJI Bandarlampung tiga tahun mendatang (2022-2025).

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung terpilih periode 2022-2025, Dian Wahyu Kusuma menyatakan akan berupaya sekuat tenaga dan semaksimal mungkin menjaga amanah itu, sehingga dapat menjalankan tugas yang dipercayakan kepadanya dengan baik bersama Yoga Nugroho sebagai Sekretaris AJI Bandarlampung.

“Bismillah saja, doakan bisa menjaga amanah ini dengan baik. Selama tiga tahun sebelumnya menjadi sekretaris, tentunya saya banyak belajar. Dengan amanah yang dipercayakan ini, kami akan terus mengawal demokrasi pers dilampung,”kata Dian, Sabtu (16/7/2022).

Dian mengatakan, para mantan ketua dan senior-senior AJI Bandar Lampung, bisa membimbing dalam kepengurusan mendatang. Selain itu ia juga berharap, bisa menjalankan marwah jurnalis yang idealis dan kritis.

“Semoga kegiatan di AJI Bandarlampung mendatang bisa lebih semarak lagi dan AJI Bandar Lampung bisa semakin besar dan disegani,”ujarnya.

Dian yang juga sebagai redaktur online media Lampung Post (Lampost) ini juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

Menurutnya, kepercayaan yang diberikan untuk memimpin AJI Bandarlampung, merupakan sebagai amanah dan tetap memerlukan dukungan seluruh anggota AJI Bandarlampung dan semua pihak agar dapat menjalankan amanah yang diembannya ini dengan baik.

“Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan, doakan kami bisa menjaga amanah ini dengan baik dan akan terus menjalankan apa yang harus dijalankan sesuai prinsip tripanji AJI,”pungkasnya.

Hadir dalam Konferkot IX AJI Bandarlampung itu, Ketua Umum (Ketum) AJI Indonesia, Sasmito serta para senior AJI Bandarlampung dengan agenda utama memilih ketua dan  sekretaris  baru AJI Bandarlampung periode tiga tahun mendatang.

Dian Wahyu Kusuma menggantikan Ketua AJI Bandarlampung sebelumnya, Sahat Hendry Hasiholan Sihaloho (konsentris.id) periode 2019-2022.

Dalam Konferkot IX itu, selain memilih Ketua dan Sekretaris bersama formatur untuk menyusun kepengurusan baru periode 2022-2025, yakni membahas laporan pertanggungjawaban pengurus AJI Bandarlampung 2019-2022 dan pedoman program kerja pengurus baru periode 2022-2025.

Dian Wahyu Kusuma merupakan jurnalis muda yang terbilang cemerlang dalam kariernya. Meski baru beberapa tahun bekerja di media harian Lampung Post (Lampost), Ia pernah menjabat asisten redaktur halaman ekonomi dan bisnis (Ekbis) dikoran harian tersebut.

Kini, Dian menjabat sebagai redaktur online di media tersebut. Sebelumnya, Dian juga menjabat sebagai sekretaris AJI Bandarlampung periode sebelumnya (2019-2022). Selain itu, Dian juga pernah aktif sebagai pers mahasiswa Teknokra Universitas Lampung (Unila).

Sementara mantan Ketua AJI Bandar Lampung, Sahat Hendry Hasiholan Sihaloho atau yang akrab disapa Hendry mengatakan, dalam Konferta ke-IX AJI Bandar Lampung ini, yakni membahas mengenai laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2019-2022.

“Konferta IX ini, sekaligus pemilihan Ketua dan Sekretaris AJI Bandar Lampung yang baru,”kata Hendry.

Perlu diadakannya Konferya IX, kata Hendry, anggota mampu mengevaluasi kinerja yang telah dilakukannya untuk dijadikan proyeksi tiga tahun kedepan dalam menjalankan kepengurusan organisasi AJI Bandar Lampung.

“Mengenai AD/ART, dari pusat (AJI Indo) sudah ada dan yang menjadi acuan dan harus dipahami untuk semua anggota AJI Bandarlampung,”ujarnya.

Dikatakannya, saat ini jumlah anggota AJI Bandarlampung ada sebanyak 29, jumlah keanggotaan ini menyusut dari sebelumnya sebanyak 33 anggota.

“Berkurangnya, setelah dilakukan verifikasi keanggotaan,”tandasnya.

Ketua Umum AJI Indonesia, Sasmito menyampikan ucapan selamat untuk AJI Bandarlampung serta terpilihnya Ketua dan Sekretaris AJI Bandar Lampung yang baru periode 2022-2025 dalam Konferkot Ke-IX yang digelar hari ini.

“Saya ucapakan selamat untuk Ketua dan Sekretaris AJI Bandar Lampung yang baru terpilih. AJI Indo tentunya sangat terbuka dan siap membantu, karena ini tanggungjawab kita semua memajukan AJI Bandar Lampung dan AJI secara nasional,”kata dia.