Beranda News Nasional Diangkut dengan Batik Air, 245 WNI dari Wuhan Tiba di Batam

Diangkut dengan Batik Air, 245 WNI dari Wuhan Tiba di Batam

293
BERBAGI
Pesawat Batik Air yang membawa ratusan WNI dari Cina tiba di Bandara Hang Nadim, Batam. TEMPO/ Yogi Eka
Pesawat Batik Air yang membawa ratusan WNI dari Cina tiba di Bandara Hang Nadim, Batam. TEMPO/ Yogi Eka

TERASLAMPUNG.COM — Sebanyak 245 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi pemerintah Indonesia dari Kota Wuhan, China, tiba di  Bandara Hang Nadim Batam, Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 8.45 WIB.

Ratusan WNI itu harus dievakuasi karena makin maraknya penyebaran virus corona di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China sejak sebulan terakhir.

Dari Wuhan mereka diangkut dengan pesawat Batik Air. Sekitar pukul 9.23 satu per satu penumpang menuruni tangga dan langsung menuju ke pesawat milik TNI AU yang sudah siaga persis di sampingnya.

Proses perpindahan tiap penumpang dari pesawat Batik Air menuju ke pesawat TNI AU ada beberapa jeda beberapa menit. Hal itu karena setiap penumpang harus menjalani pemeriksaan sesuai standar karantina.

Dari Bandara Hang Nadim, selanjutnya mereka akan diterbangkan ke Pulau Natuna untuk menjalani karantina sesuai prosedur internasional. Mereka akan menjalani masa karantina selama dua pekan atau 14 hari.

TNI AU menyiapkan tiga  pesawat TNI untuk membawa seluruh WNI dari Wuhan ke Natuna. Tiga pesawat itu adalah Hercules A-1315 dan dua Boeing AI 7304 dan A 7306.

“Hercules dimaksimalkan dapat mengangkut 130 orang dan Boeing berkapasitas masing-masing 100 orang,” kata Kadis Ops Lanud Hang Nadim Batam, Mayor Lek Wardoyo.

Loading...