Beranda Ekbis Bisnis Dibangun Pengusaha-Anggota Dewan, Kampung Batu Suluh Kini Punya Pasar

Dibangun Pengusaha-Anggota Dewan, Kampung Batu Suluh Kini Punya Pasar

1297
BERBAGI
Yusirwan

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com—Pengusaha yang juga legislator DPRD Bandarlampung dari Partai Amanat Nasional (PAN), Yusirwan,  dari Partai Amanat Nasional (PAN), Yusirwan, membuka Pasar Batu Suluh Mandiri 1212  yang dibangun  untuk kepentingan mansyarakat khususnya tiga kecamatan di Pidada Panjang, Bandarlampung.

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Bandarlampung ini menyatakan bahwa pembangunan  Pasar Batu Suluh Mandiri 1212 merupakan sebuah terobosan yang dibuatnya karena sebelumnya tidak ada cikal bakal pasar di sana.

“Ini merupakan sebuah terobosan dan murni ide saya. Karena sebelumnya tidak ada cikal bakal pasar di sana. Ini bukan pekerjaan yang mudah, mengingat lokasi pasar agak sulit dijangkau. Jika seseorang tidak mempunyai visioner, maka pasar ini tidak akan terbangun,” katanya, di usai peresmian Pasar Batu Suluh Mandiri oleh Walikota Herman HN, Selasa (16/6/2015).

Yusirwan menegaskan, pembangunan pasar ini memakai dana pribadi dan menelan biaya sebesar Rp3 miliar. “Pembangunan pasar ini memakai  dana pribadi saya dan tidak ada bantuan dari pihak manapun. Dimulai dari  1 Januari 2015 pasar Batu Suluh Mandiri 1212 sudah terbentuk, namun mulai beroperasi pada tanggal  18 Mei 2015 dan pada tanggal 18 Juni besok  pasar tesebut genap berusia 1 bulan,” tegasnya.

Pasar Batu Suluh Mandiri 1212  dibangun dengan 40 unit kios Rp 6 juta/unit serta  150 unit los dengan harga Rp 1,5 juta/los.

Pasar Batu Suluh Mandiri 1212

Yusirwan  menjelaskan, sebelum membangun Pasar Batu Suluh Mandiri 1212 dirinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar lokasi. Menurut Yusirwan, saat itu sebagian besar warga meresponsnya, bahkan mendesak agar pasar segera dibangun. Sebab, selama ini warga di sekitar lokasi pasar baru itu selama ini harus menempuh jalan yang jauh untuk ke pasar.

“Sebab, Kampung Batu Suluh memang berada di ujung Kota Bandarlampung dan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Selatan. Kampung ini seakan terisolir. Padahal penduduknya sekitar 2.500 Kepala Keluarga (KK) dan letaknya yang strategis, karena berbatasan dengan kecamatan Sukabumi, Merbau Mataram – Panjang,” tambahnya.

Dia berharap, dengan adanya Pasar Batu Suluh Mandiri diharapkan perekonimian wargasekitar akan terangkat.

“Tukang panggul karung dan tukang nampah kopi, nantinya bisa menjadi pedagang, karena rezeki paling mulia ada di bidang niaga. Ini ibarat sekali merengkuh dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Bisnis dan amal bisa berjalan berdampingan,” tandasnya.

Tentang angka1212 pada nama Pasar Batu Suluh Mandiri 1212, Yusirwan mengaku itu itu untuk mengabadikan tanggal lahir Yusirwan dan sang istri. “Ya nama Mandiri 1212 dari tanggal lahir saya 12 Desember  dan istri 12 Agustus,” jelasnya.

Yusirwan mengaku, pada tahun depan dirinya juga akan membangun  perumahan pada areal seluas 4 hektare. Di kawasan perumahan itu rencananya juga akan dibangun taman rekreas berupai waterboom..

“Rencananya akan dibangun  153 unit perumahan dengan  tipe 36, 45, 50, 60 . Biaya pembangunan waterboom Rp 17 miliar dan  untuk perumahan 4 haktare. Murah meriah dengan harga variatif dengan dimulai tahun depan,” katanya.

Mas Alina Arifin

Loading...