Beranda Hukum Kriminal Diberi Rumah Tumpangan, Pria Ini Curi Motor dan Ponsel Penolongnya

Diberi Rumah Tumpangan, Pria Ini Curi Motor dan Ponsel Penolongnya

244
BERBAGI
Yatino (36), warga Desa Karang Rejo, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara yang diamankan di Mapolsek Gading Rejo.
Yatino (36), warga Desa Karang Rejo, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara yang diamankan di Mapolsek Gading Rejo.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

PRINGSEWU — Air susu dibalas dengan air tuba. Peribahasa itulah yang pantas dan tepat untuk menggambarkan kelakuan  Yatino (36), warga Desa Karang Rejo, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara. Pasalnya bukannya berterima kasih sudah diberi tumpangan untuk tinggal, Yatino malah justru membalasnya dengan perbuatan tidak terpuji mencuri di rumah milik penolongnya, Sri Heni Winarsih (58).

Akibatnya, Sri Heni Winarsih, warga Dusun Purwosari, Pekon Tegalsari, Kecamatan Gading Rejo ini, harus kehilangan sepeda motor Honda Beat plat nomor B 3883 BDB dan ponsel merk Mitto warna hitam miliknya karena dicuri oleh tersangka. Akibat kejadian itu, kerugian korban sebesar Rp 9 juta.

Kapolsek Gading Rejo, AKP Sarwani mengatakan, tersangka Yatino berhasil ditangkap saat berada di Pasar Candimas, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara, pada Sabtu 1 September 2018 sekitar pukul 01.00 WIB.

“Dari penangkapan tersangka, disita barang bukti sepeda motor Honda Beat dan STNK milik korban yang telah dicuri oleh tersangka,”ujarnya, Minggu 2 September 2018.

Selanjutnya, kata AKP Sarwani, petugas membawa tersangka Yatino dan barang bukti yang disita ke Mapolsek Gading Rejo untuk dilakukan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

“Penangkapan tersangka, berdasarkan atas laporan korban seorang pedagang Pasar Gadingrejo, Sri Heni Winarsih, pada Selasa 28 Agustus 2018 lalu,”

AKP Sarwani mengungkapkan, awalnya tersangka Yatino ditemukan korban, saat sedang tertidur di emperan toko Pasar Gading Rejo. Karena merasa kasihan, korban mengajak tersangka untuk tinggal di rumahnya di Dusun Purwosari, Pekon Tegalsari, Kecamatan Gading Rejo dan tersangka juga akan diberikan pekerjaan.

Baru dua hari tinggal di rumah korban, lanjut AKP Sarwani, tersangka malah mencuri sepeda sepeda motor dan ponsel milik korban. Atas kejadian itu, korban melaporkannya ke Mapolsek Gading Rejo hingga akhirnya petugas berhasil menangkap tersangka.

“Hasil pemeriksaan, tersangka mengakui perbutannya dan baru sekali melakukan pencurian. Namun kami masih mengembangkan kasusnya, untuk mengungkap dugaan adanya TKP lain,”jelasnya.

Akibat perbuatannya, tersangka Yatino harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Gading Rejo dan dijerat Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian, dengan ancaman hukuman pidana penjara 7 tahun.

Loading...